4 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Bergabung ke Sebuah Startup

0
604
Bergabung ke sebuah startup

Dunia startup di Indonesia semakin menunjukkan eksistensinya, dimulai dari Go-jek yang menjadi ‘unicorn’ pertama di tanah air, kesuksesan startup lain juga membuat bekerja di dunia startup semakin digemari. Sebelum kamu memutuskan untuk melamar dan bergabung ke sebuah startup, kamu harus mengetahui dulu 4 hal dibawah ini.

Bergabung ke sebuah startup

1. Cek kredibilitas startup di niche market

Ini adalah permasalahan yang umum terjadi, dimana sebuah startup gagal untuk “survive” dan harus menutup layanannya dikarenakan tidak bisa bersaing dengan kompetitornya.

Bergabung ke sebuah startup
Untuk itu sebelum melamar ke perusahaan startup, Pastikan lakukan riset terlebih dahulu apakah startup tersebut sudah menemukan posisi yang aman di sebuah “niche” market yang dipilihnya.

2. Ketahui founder dan jajaran pemimpinnya.

Hal yang kedua adalah cari tahu background dari founder dan pemimpin dari startup tersebut, mulai dari background edukasinya hingga pengalamannya dibidang startup. Apakah dia sudah pernah menggeluti dunia startup sebelumnya, ataukah ini startup pertamanya.

Bergabung ke sebuah startup

Cara mengetahuinya. Cukup ketikkan namanya di google dan pelajari informasi yang muncul hasil pencarian. Biasanya para founder menuliskan pengalamannya di situs pribadi atau di platform publikasi seperti medium.

3. Cari tahu darimana dana berasal

Beberapa startup gagal dan berakhir dengan menutup layanan karena kehabisan dana, untuk itu kamu perlu mengetahui status pendanaan dari startup, apakah masih “bootstrapping” atau sudah mendapatkan funding.

4. Ketahui budaya dan etik kerja

Beberapa perusahaan startup menerapkan budaya kerja yang lebih keras dari perusahaan besar, itu berarti kamu harus bersiap untuk menghadapi jam kerja yang lebih tinggi.

Bergabung ke sebuah startup

Selain itu juga cari review pengalaman dari orang yang sudah bekerja di perusahaan tersebut, dari review ini, kamu bisa mempelajari tentang budaya dan etik kerja di startup tersebut, mulai dari penghargaan kepada karyawan, kesempatan untuk belajar hal baru dan bagaimana komunikasi antar karyawan.

Pada akhirnya, tempat kamu bekerja akan menentukan pengalaman kerja yang kamu dapatkan. Untuk itu sangat penting untuk menimbang keputusan penting ini, semoga dengan mengetahui 4 pertimbangan diatas, kamu semakin yakin untuk bergabung dengan startup yang kamu pilih.

Beri Komentar