HomeStartupPendanaanRingkas Umumkan Pendanaan Sebesar Rp 33 Miliar

Ringkas Umumkan Pendanaan Sebesar Rp 33 Miliar

Date:

Berita Terkait

4 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Bergabung ke Sebuah Startup

Dunia startup di Indonesia semakin menunjukkan eksistensinya, dimulai dari...

8 Situs untuk Membuat Sendiri Aplikasi Start-Up Kamu

Para pelaku start-up pasti membutuhkan aplikasi digital untuk mendistribusikan...

Alibaba Cloud Siap Bangun Data Center di Indonesia

Anak perusahaan raksasa internet Alibaba yang bergerak di bidang...

Kumpulan Event Startup dan Teknologi Minggu Ini (21 – 27 Agustus 2017)

Bulan agustus sudah memasuki minggu ketiga, setelah minggu lalu...

DOOgether, Aplikasi Pemesanan Tempat Olahraga Secara Online

Banyak peluang yang bisa dikembangkan lewat bisnis digital. Pengalaman...

Platform kredit hunian digital Ringkas mengumumkan pinjaman dimuka sebesar US$2,3 juta atau lebih dari Rp33 miliar. Investor yang berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini antara lain 500 Global, Iterative Capital, Creative Gorilla Capital, Teja Ventures, Init6, dan beberapa pendiri Unicorn.

Setelah memutuskan untuk meluncurkan inisiatif baru pada tahun 2021, Ilya Kravtsov, yang sebelumnya dikenal sebagai pendiri PouchNATION, berusaha menemukan solusi untuk masalah utama Indonesia. Pada saat itu, ia menyadari bahwa kepemilikan rumah adalah masalah yang signifikan bagi banyak orang di negara ini.

Belakangan, ia bertemu dengan dua rekannya saat ini, Leroy Pinto dan Yoko Simon. Mereka memiliki latar belakang yang sangat kuat di dunia teknologi. Leroy telah bekerja untuk Google dan Amazon. Yoko memiliki 16 tahun pengalaman di Dell. Ketiganya kemudian mengembangkan platform Ringkas dengan tujuan untuk mempermudah proses Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi ratusan juta masyarakat Indonesia.

Source: viva.co.id

Penetrasi hipotek Indonesia adalah salah satu yang terendah di dunia, dengan total pinjaman bank menyumbang 3,25% dari produk domestik bruto (PDB). Selain itu, stok rumah di Indonesia terus bertambah hingga saat ini mencapai 11,4 juta unit. Alasan untuk situasi sulit ini dikatakan bahwa 55% dari tenaga kerja kota Indonesia terdiri dari pengusaha kecil dan menengah, pekerja lepas, dan individu tanpa kontrak permanen.

Misi Ringkas adalah memecahkan masalah kepemilikan rumah ini dengan mendigitalkan seluruh proses penciptaan nilai, mencocokkan profil pelanggan secara lebih efisien, dan menargetkan aset yang memenuhi standar risiko keuangan untuk lembaga keuangan.

“Perumahan adalah kebutuhan fisiologis mendasar yang harus dimiliki setiap orang. Sangat luas untuk mendukung proses kepemilikan rumah bagi semua orang Indonesia dengan memungkinkan akses yang lebih setara ke keuangan melalui kemajuan teknologi. Kami bangga mendukung Ringkas sebagai tim yang ingin membuka peluang,” kata Khailee Ng, Global 500 Managing Partner.

Dalam 6-12 bulan ke depan, Ringkas akan mengembangkan platform, melayani puluhan ribu pengguna, dan meluncurkan platform untuk berbagai inisiatif yang dapat berdampak signifikan bagi Jakarta dan sekitarnya, saya akan fokus di sana. Platform ini juga bertujuan untuk memperluas ke wilayah yang lebih besar seperti Asia Tenggara.

Meskipun demikian, Lincus menekankan bahwa platformnya tidak secara langsung memediasi pinjaman. Dalam menyediakan layanan ini, Ringkas bekerja sama dengan lembaga keuangan yang mengeluarkan pinjaman dan menerima biaya untuk setiap transaksi yang berhasil di platform. Namun, Ilya menambahkan, kemungkinan untuk menyediakan fitur ini secara langsung di masa mendatang.

Subscribe

- Notifikasi ke email setiap minggu

- Gratis tanpa biaya bulanan

Terbaru