asd
HomeUmumApple Gandeng Binus Untuk Siapkan Pusat Riset di Indonesia

Apple Gandeng Binus Untuk Siapkan Pusat Riset di Indonesia

Date:

Berita Terkait

5 Tips Sukses Kolaborasikan Startup dengan Korporasi oleh Natali Ardianto

Laporan terbaru dari Imaginatik dan MassChalnege menunjukkan bahwa hubungan...

Mengenal Wakuliner, Marketplace Kuliner Pertama di Indonesia

Startup yang mengusung konsep ecommerce di Indonesia semakin banyak,...

Pertumbuhan Startup E-logistic Indonesia di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 telah mengacaukan segala sektor di seluruh Indonesia....

Terbaru! NOKIA Resmi Luncurkan Ponsel Nokia 8.3 Berjaringan 5G!

Kamis 19 Maret 2020, Nokia secara resmi meluncurkan produk ponsel...

HukumOnline, Solusi Praktis Cari Pengacara dan Bantuan Hukum

Sejak 2000, pertemanan antara 3 pengacara, Arief Tarunakarya Surowidjojo,...

Untuk memenuhi persyaratan pemerintah tentang Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), Raksasa teknologi asal Cupertino, Amerika serikat, Apple resmi bekerjasama dengan Universitas Bina Nusantara (BINUS) untuk menyiapkan Research and Development (R&D) di Indonesia, langkah awal yang dilakukan adalah dengan menjalankan iOS Foundation Program di kampus Binus yang berlokasi di Alam Sutera, Tangerang.

iOS Foundation Program adalah sebuah program dari Apple yang kegiatannya memberikan pelatihan pengembangan perangkat lunak atau aplikasi berbasis iOS, Kampus Binus akan menjadi pusat inovasi pembautan prototype aplikasi iOS, seperti penuturan I Gusti Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian,

“Jadi, di sini mereka membuat prototype dari pusat inovasi, jadi membuat percontohan. Nanti orang-orangnya akan dibawa ke sana. Kalau pusat inovasinya sudah dibuka, jadi langsung ada orang-orangnya yang sudah disiapkan dari sini untuk develop di sana,” Ungkapnya seperti dikutip dari Kumparan (16/8).

Rektor Universitas Bina Nusantara (BINUS), Prof. Dr. Harjanto Prabowo, MM mengatakan bahwa program ini dibuat untuk mendorong para mahasiswanya dapat mewujudkan ide dan inovasinya dalam bentuk aplikasi iOS.

“Kerja sama Binus dengan Apple sebenarnya sudah banyak. Tapi kami juga melihat niat pemerintah untuk investasi ke arah inovasi. Apple cocok dengan Binus, kami punya semangat yang sama untuk berinovasi,” ungkap Harjanto.

Sejauh ini, iOS Foundation Program dari Apple sudah berjalan selama 2 batch, tiap batchnya memiliki durasi waktu pelatihan satu bulan dan diikuti oleh 30 mahasiswa terpilih. Mereka dilatih langsung oleh tim Apple untuk mengambangkan sisi soft-skill dan hard-skill dalam membangun aplikasi.

Apple dikabarkan akan membangun tiga pusat inovasi di Indonesia dengan nilai investasi sebesar 44 juta dolar AS atau setara dengan Rp 588 miliar, bangunan pertamanya akan dibangun di lahan seluas 25,86 hektar di BSD City, Tangerang Selatan.

Kawasan ini digadang-gadang akan menjadi ‘silicon valley’-nya Indonesia, dengan menghadirkan wilayah yang menunjang operasional dan aktivitas perusahaan berbasi teknologi, mulai dari startup, technology leader, industri pendidikan hingga industri kreatif seperti animasi dan film.

Sumber : Liputan6, Kumparan

Subscribe

- Notifikasi ke email setiap minggu

- Gratis tanpa biaya bulanan

Terbaru