5 Kebiasaan yang Tak Disadari Bisa Cepat Merusak Smartphone Kamu

0
483

Smartphone sudah menjadi teman setia dalam kegiatan sehari-hari. Siapa yang di zaman sekarang bisa lepas atau tak memegang ponsel cerdas dalam sehari saja? Bahkan, pekerjaan pun sekarang sudah banyak yang memanfaatkan fungsi-fungsi canggihnya. Namun, banyak orang yang masih tidak menyadari, ternyata kebiasaannya dalam menggunakan smartphone bisa membuat perangkat itu cepat rusak. Berikut inilah lima kebiasaan yang tak disadari bisa cepat merusak smartphone kamu.

1. Mengecas baterai setelah habis total

Hampir semua pengguna smartphone biasanya sering dan selalu mengecas baterai perangkatnya setelah benar-benar habis total. Padahal, baterai yang sering dibiarkan hingga kosong memiliki risiko lebih cepat kehabisan daya karena aus. Selain itu, mengisi baterai dari kondisi nol persen juga akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama. Oleh karena itu, biasakan untuk mengecas baterai ketika dayanya masih tersisa sekitar 10 persen hingga 20 persen. Dengan begitu, selain menjaga ketahanan dan masa pakai baterai tersebut, juga akan menghemat waktu untuk pengisiannya jadi lebih singkat.

2. Sering mengecas baterai semalaman

Satu lagi kebiasaan yang hampir selalu dilakukan para pengguna ponsel cerdas, mengecas baterai smartphone pada saat tidur di malam hari. Kondisi ini pun sering membuat perangkat masih terus melakukan pengisian daya baterai, meski sudah 100 persen. Jika dibiarkan terlalu sering, maka lama-kelamaan akan membuat baterai menjadi lebih cepat aus, karena sudah tidak sesuai dengan daya tampungnya. Meski sekarang sebagian besar smartphone sudah dibekali dengan teknologi canggih yang akan membuat aliran listrik berhenti ketika baterai penuh, namun tetap saja itu tidak aman.

3. Menggunakan charger bukan bawaan

Hal ini biasanya terjadi ketika pengguna smartphone dalam perjalanan atau sedang berada di tempat umum. Selain itu, terkadang juga bisa terjadi di kantor atau di kampus, ketika kelupaan membawa charger asli bawaan smartphone-nya. Pada kondisi tersebut, maka akan terpaksa mengecas baterai ponsel cerdasnya dengan menggunakan charger pinjaman milik orang lain. Ternyata hal ini juga bisa membuat baterai jadi cepat rusak. Menggunakan charger palsu atau yang bukan bawaan memang cukup berbahaya bagi kelangsungan hidup smartphone kamu. Makanya, kebiasaan ini harus diubah.

4. Mengecas baterai dengan casing tambahan

Nah, fakta ini belum banyak diketahui oleh para pengguna smartphone. Meskipun casing tambahan, seperti hardcase, softcase atau bumper membuat ponsel cerdas kamu lebih aman dan nyaman saat digunakan, namun keberadaannya ternyata juga bisa membuat smartphone jadi lebih cepat rusak. Kondisi ini terjadi jika kamu membiarkan casing tambahan itu tetap terpasang pada saat perangkat sedang dicas. Pasalnya, aliran panas dari baterai di saat menerima pengisian daya akan terhambat oleh casing tambahan, apalagi jika terbuat dari karet. Alhasil, smartphone pun bisa lebih cepat rusak.

5. Menyimpan smartphone sembarangan

Para cowok biasanya menyimpan smartphone­ di saku celana. Sedang para cewek menyimpannya di dalam tas. Jangan kaget, ternyata dua kebiasaan ini ada buruknya. Menyimpan ponsel cerdas di saku celana, ternyata akan membuat terjepit, apalagi jika sedang mengenakan celana jeans. Kondisi ini bisa membuat perangkat kamu lebih cepat rusak. Begitu pula dengan menyimpannya sembarangan di dalam tas, bukan tidak mungkin akan membuat gadget kamu itu tergores oleh benda-benda lain yang lebih keras. Makanya, simpanlah smartphone kami dengan baik dan dilindungi oleh anti gores.

Beri Komentar