asd
HomeStartupCekRekening.id, Situs Penyedia Informasi Nomor Rekening Penipuan Online

CekRekening.id, Situs Penyedia Informasi Nomor Rekening Penipuan Online

Date:

Berita Terkait

Shinta VR Resmi Menutup Pendanaan Pre-Series A

Shinta VR, startup dari Indonesia bergerak pada bidang Virtual...

5 Smartphone Android Terbaik untuk Para Gamer

Perangkat telekomunikasi di zaman sekarang memang tak sekadar untuk...

Pefindo Biro Kredit Luncurkan Inovasi Terbarunya, MyIdScore

Pefindo Biro Kredit hadir dengan inovasi terbarunya MyIdScore. Reputasi keuangan...

8 Founder Startup Muda Indonesia yang Mencengangkan Dunia

Melalui pidatonya, Bung Karno sekaligus presiden RI ke-1 pernah...

Nantikan Trend Terbaru dari Samsung Berlayar Tekuk!

Sejak rumor akan diluncurkannya ponsel Samsung dengan layar yang...

Kasus penipuan masih menjadi momok menakutkan dari transaksi jual beli online di Indonesia, banyak kasus yang terjadi hingga merugikan jutaan rupiah. Transaksi yang dilakukan antara penjual dengan pembeli biasanya dilakukan langsung dengan cara mentransfer uang ke rekening penjual. Tapi setelah dana berhasil ditransfer, barang yang dijanjikan tidak kunjung dikirim.

Berawal dari permasalahan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan situs CekRekening.id yang bisa digunakan masyarakat untuk mengecek dan melaporkan rekening bank penipu secara online. “Masyarakat dapat melakukan pengecekan di cekrekening.id apabila menerima SMS permintaan transfer, pembayaran uang dari pihak lain yang tidak berkaitan dan tidak bertanggungjawab. Masyarakat juga bisa menguatkan informasi mengenai nomor rekening bank yang terindikasi melakukan tindakan penipuan.” Ungkap Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Noor Iza.

Halaman utama cekrekening.id menampilkan kolom periksa rekening dan laporkan rekening. Jika anda akan melakukan transaksi pembelian dengan metode transfer bank, ada baiknya mengecek dahulu di kolom periksa rekening. dengan cara memilih nama bank, lalu masukkan nomor rekeningnya. Tekan tombol periksa, maka akan muncul hasil pemeriksaan terhadap nomor rekening tersebut. Ada 2 jenis status yang akan muncul, jika rekening tersebut pernah dilaporkan sebelumnya, maka akan muncul status indikasi kejahatan hingga jumlah laporan masyarakat terkait dengan rekening tersebut.

Jika anda pernah menjadi korban penipuan dengan metode transfer bank, anda juga bisa melaporkan rekening tersebut di cekrekening.id, Kunjungi cekrekening.id lalu pilih kolom laporkan rekening, Kemudian isi data-data yang diperlukan, mulai dari nama bank, nomor rekening, nama pemiliki rekening, kategori kejahatan, deksripsi kronologi kejadian, sertakan juga bukti transfer dan bukti percakapan pembelian yang akan menjadi bukti penting.

Tidak hanya penipuan saat proses jual beli online, cekrekening.id juga mengakomodasi laporan dengan kategori lainnya. Terdapat 5 kategori penipuan yang bisa anda laporkan di cekrekening.id, yaitu :

1. Penipuan Transaksi Online
2. Penipuan Investasi

3. Narkotika dan Obat terlarang
4. Terorisme dan radikalisme
5. Kejahatan lain

Setelah melengkapi semua data, klik tombol submit untuk mengirimkan laporan. Laporan yang diterima akan segera ditindaklanjuti.

 

Subscribe

- Notifikasi ke email setiap minggu

- Gratis tanpa biaya bulanan

Terbaru