HomeStartupCekRekening.id, Situs Penyedia Informasi Nomor Rekening Penipuan Online

CekRekening.id, Situs Penyedia Informasi Nomor Rekening Penipuan Online

Date:

Berita Terkait

Google Meresmikan Android 12 untuk Seluruh Seri Pixel

Google telah resmi meluncurkan versi sempurna dari sistem operasi...

Indonesia Masuk 5 Besar Dengan Jumlah Startup Terbanyak

Indonesia masuk startup terbanyak melalui Direktur Center of Economics...

5 Hal Yang Bisa Dipelajari dari Transformasi Digital

Transformasi digital telah sukses melahirkan banyak perusahaan baru yang...

Paras Digital Memperoleh Pendanaan Tahap Awal Melalui IDO

Paras Digital, sebuah platform marketplace NFT ini telah memperoleh...

Berkenalan dengan Stockshot, Marketplace Video Pendek Bernuansa Lokal

Awal agustus ini ada satu startup unik yang baru...

Kasus penipuan masih menjadi momok menakutkan dari transaksi jual beli online di Indonesia, banyak kasus yang terjadi hingga merugikan jutaan rupiah. Transaksi yang dilakukan antara penjual dengan pembeli biasanya dilakukan langsung dengan cara mentransfer uang ke rekening penjual. Tapi setelah dana berhasil ditransfer, barang yang dijanjikan tidak kunjung dikirim.

Berawal dari permasalahan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan situs CekRekening.id yang bisa digunakan masyarakat untuk mengecek dan melaporkan rekening bank penipu secara online. “Masyarakat dapat melakukan pengecekan di cekrekening.id apabila menerima SMS permintaan transfer, pembayaran uang dari pihak lain yang tidak berkaitan dan tidak bertanggungjawab. Masyarakat juga bisa menguatkan informasi mengenai nomor rekening bank yang terindikasi melakukan tindakan penipuan.” Ungkap Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Noor Iza.

Halaman utama cekrekening.id menampilkan kolom periksa rekening dan laporkan rekening. Jika anda akan melakukan transaksi pembelian dengan metode transfer bank, ada baiknya mengecek dahulu di kolom periksa rekening. dengan cara memilih nama bank, lalu masukkan nomor rekeningnya. Tekan tombol periksa, maka akan muncul hasil pemeriksaan terhadap nomor rekening tersebut. Ada 2 jenis status yang akan muncul, jika rekening tersebut pernah dilaporkan sebelumnya, maka akan muncul status indikasi kejahatan hingga jumlah laporan masyarakat terkait dengan rekening tersebut.

Jika anda pernah menjadi korban penipuan dengan metode transfer bank, anda juga bisa melaporkan rekening tersebut di cekrekening.id, Kunjungi cekrekening.id lalu pilih kolom laporkan rekening, Kemudian isi data-data yang diperlukan, mulai dari nama bank, nomor rekening, nama pemiliki rekening, kategori kejahatan, deksripsi kronologi kejadian, sertakan juga bukti transfer dan bukti percakapan pembelian yang akan menjadi bukti penting.

Tidak hanya penipuan saat proses jual beli online, cekrekening.id juga mengakomodasi laporan dengan kategori lainnya. Terdapat 5 kategori penipuan yang bisa anda laporkan di cekrekening.id, yaitu :

1. Penipuan Transaksi Online
2. Penipuan Investasi

3. Narkotika dan Obat terlarang
4. Terorisme dan radikalisme
5. Kejahatan lain

Setelah melengkapi semua data, klik tombol submit untuk mengirimkan laporan. Laporan yang diterima akan segera ditindaklanjuti.

 

Subscribe

- Notifikasi ke email setiap minggu

- Gratis tanpa biaya bulanan

Terbaru