Google Resmi Luncurkan Android Oreo

0
442

Google akhirnya resmi meluncurkan update sistem operasi Android versi terbaru, yakni Android versi 8.0 yang diberi nama Android v8.0 Oreo, pada Selasa (22/8/2017). Seperti dikutip dari laman Tech Radar, Senin (28/8/2017), update Android Oreo ini memang masih hadir dalam versi Beta dan baru dikhususkan tersedia untuk perangkat smartphone dari developer alias produk-produk milik Google.

Beberapa ponsel cerdas yang sudah bisa mendapatkan pembaruan Android Oreo ini adalah Google Pixel dan Google Nexus, mulai dari Google Pixel, Google Pixel XL, Nexus 6P, Nexus 5X, dan Pixel C. Namun, produk smartphone dari perusahaan lain juga tetap akan mendapatkan pembaruan sistem operasi terbaru ini, meskipun menurut konfirmasi baru akan bisa menikmatinya pada akhir 2017.

“Para pembuat perangkat keras termasuk Essential, General Mobile, HMD Global Home dari Nokia Phones, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp dan Sony telah dijadwalkan untuk meluncurkan atau meningkatkan perangkat ke Android 8.0 Oreo,” demikian pernyataan resmi yang disampaikan oleh pihak Google dalam peluncuran update sistem operasi Android terbaru tersebut.

Namun, pihak Google sendiri memang belum memberikan kepastian kapan update Android Oreo ini akan tersedia untuk handset pihak ketiga. Meski begitu, mereka sudah menyiapkan ‘Project Treble’, sebuah inisiatif dari Google yang akan memastikan bahwa update Android Oreo ini akan hadir pada lebih banyak perangkat dibandingkan dengan pembaruan sistem operasi Android versi sebelumnya.

Beberapa smartphone yang sudah dikonfirmasi akan menerima update Android Oreo, di antaranya adalah Essential Phone, Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy S8 Plus, Samsung Galaxy Note 8, Force Moto Z2, LG G6, Sony Xperia XZ Premium, Nokia 6, Nokia 5, Nokia 3, dan juga produk terbaru Nokia 8. Kemudian, termasuk pula HTC U11, HTC 10 dan HTC U Ultra, hingga OnePlus 3T dan OnePlus 3.

Sementara itu, mengenai fitur terbaru dari sistem operasi Android Oreo ini, setidaknya ada 10 fitur anyar yang sudah dikonfirmasi oleh Google. Ada mode ‘Picture in Picture’ (PiP) yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan YouTube sambil tetap menggunakan aplikasi lain, waktu boot yang lebih cepat, fitur hemat daya, dan dapat mengenali aplikasi terbaik untuk kebutuhan para pengguna.

Kemudian, ikon yang adaptif, mampu meningkatkan performa audio dengan dukungan untuk LDAC yang merupakan hi-res Bluetooth audio codec milik Sony, tampilan notifikasi yang lebih menarik dengan model balon pada setiap aplikasi, pilihan emoji terbaru, game mini telur Paskah, hingga fitur ‘Android Instant Apps’ yang memungkinkan untuk menggunakan aplikasi tanpa perlu memasangnya.

Beri Komentar