HomeStartupWeston, Terangi Desa Dengan Energi Ramah Lingkungan

Weston, Terangi Desa Dengan Energi Ramah Lingkungan

Date:

Berita Terkait

Asus Luncurkan Laptop Bisnis ExpertBook B3 Flip dan B7 Flip

Asus telah meluncurkan dua laptop bisnis terbaru di pasar...

Pinhome Hadirkan Solusi Cicil Rumah Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Platform marketplace jual-beli-sewa properti Pinhome memperkenalkan solusi teranyar yaitu...

GO-JEK Buka Pendaftaran Program GO-SCHOLAR TECH

Startup penyedia layanan on-demand GO-JEK baru saja mengumumkan program...

Aplikasi Player Musik Winamp Siap Bangkit Kembali

Pada era tahun 2000-an, Winamp menjadi salah satu pemutar...

iSeller Peroleh Pendanaan Rp 120 Miliar oleh AppWorks

iSeller adalah pemain perdana di Indonesia dalam kategori software-as-a-service...

Berbagai masalah yang ada di tanah air seringkali menjadi inspirasi banyak generasi mudah memulai langkah revolusioner. Seperti startup yang digawangi oleh Wynn Nathaniel, Dr. Chip Rinaldi dan Imam Askolani, bernama Weston.

Mengingat masih banyak pedesaan di Indonesia yang membutuhkan sumber daya listrik, ketiganya tergerak untuk memberdayakan energi ramah lingkungan untuk menerangi kehidupan masyarakat.

Sumber tenaga panel surya

Semua orang pasti tahu bila banyak desa di tanah air yang masih gulita dan jauh dari menikmati modernitas. Tapi, tidak semua orang mampu bergerak untuk memberi solusi. Seperti Wynn Nathaniel dan kawan – kawannya, mulai merancang kemajuan teknologi di pedesaan tanpa ada embel – embel profit atau uang.

Selama ini, listrik belum dirasakan secara merata oleh masyarakat karena keterbasan dana operasional PLN. Sebagai satu – satunya penyedia listrik secara nasional, jalur distribusi PLN masih memakai kabel dan membutuhkan biaya investasi yang sangat besar. Jika dihitung tergantung lokasi rumah pedesaan, bisa mencapai Rp 5 juta per rumah. Nilai yang besar ini juga setidaknya harus mengumpulkan sekitar 20 rumah agar baru bisa dipasang listrik.

Oleh karena itu, masih banyak ketimpangan yang dirasakan oleh masyarakat di pedalaman karena pemerintah sendiri juga masih sulit menjangkau keberadaan mereka.

Wynn menyebutkan bahwa hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Terutama untuk kawasan Indonesia timur yang terpencil dan jauh dari grid listrik PLN.

Solusi terbaik yang ditawarkan Wynn adalah memberdayakan teknologi ramah lingkungan. Yaitu panel tenaga surya.

Lokasi pedesaan yang jauh dari jangkauan PLN akan lebih tepat guna bila dipasang panel surya karena tidak membutuhkan struktur yang terpusat dan lebih mobile. Untuk setiap panel surya, bisa menghasilkan 2 kw energi listrik yang cukup untuk kebutuhan sehari – hari masyarakat.

Optimis menjanjikan prospek bisnis

Meskipun dari awal tidak melirik masalah profit, namun Weston sangat optimis jika di masa depan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan dan bisa menjadi lahan bisnis yang berkelanjutan.

Namun, sementara ini startup yang digagas oleh founder dari latar belakang ekonomi ini lebih memikirkan agar produk ini bisa dinikmati secara luas di seluruh Indonesia. Semoga saja ya.

Subscribe

- Notifikasi ke email setiap minggu

- Gratis tanpa biaya bulanan

Terbaru