HomeTaste the TV, Mencicipi Makanan Secara Langsung Dari Layar

Taste the TV, Mencicipi Makanan Secara Langsung Dari Layar

Date:

Berita Terkait

HukumOnline, Solusi Praktis Cari Pengacara dan Bantuan Hukum

Sejak 2000, pertemanan antara 3 pengacara, Arief Tarunakarya Surowidjojo,...

Punya Usaha Kuliner? Daftarin aja di Food Startup Indonesia

Demi terus mengembangkan usaha kuliner di Indonesia, kali ini Badan...

Bussr Membawa Angin Segar Bagi Industri Transportasi Indonesia

Bussr adalah perusahaan startup mobility-as-a-service (MaaS), yang didirikan oleh...

7 Kemampuan Smartphone yang Tak Pernah Kita Bayangkan

Smartphone telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Namun,...

Startup Logistik Andalin Jadi Juara Arena Tech in Asia Jakarta 2017

Konferensi teknologi Tech in Asia Jakarta 2017 telah berlangsung...

Televisi menjadi perangkat elektronik yang biasa digunakan penonton untuk menikmati berbagai tayangan dalam format audio dan visual. Baru-baru ini, seorang profesor asal Universitas Meiji di Jepang, Homei Miyashita bersama dengan 30 mahasiswanya telah membuat layar TV bernama Taste the TV (TTTV).

Berbeda dari layar TV pada umumnya, Taste the TV ini memungkinkan pemirsa tidak hanya melihat dan mendengar tayangan, tetapi juga sekaligus mencicipinya secara langsung.

Selain itu, TTTV dibekali dengan program resep yang membuat TV bisa meracik rasa hingga 20 jenis makanan yang berbeda. Jika sebagian atau 10 jenis rasa itu digabungkan, sensor pada TTTV dapat meniru cita rasa dari makanan tertentu, mulai dari coklat hingga pizza. 

Source: techgameworld.com

Namun, bila Anda membayangkan prototipe Taste the TV memiliki bentuk yang sama seperti TV pada umumnya, Anda keliru. Bentuk Taste the TV lebih mirip seperti tabung pada alat pengaduk adonan kue dengan ukuran cukup besar dan dibekali dengan sebuah layar yang diagonal layarnya kira-kira seukuran dengan tablet.

Di tabung mixer itulah tempat cairan dari 10 jenis rasa berada. Berbagai cairan jenis rasa akan dicampur sehingga meniru cita rasa makanan yang muncul di TV. Tabung mixer ini berisi 10 jenis rasa yang dapat menciptakan rasa dari 20 jenis makanan berbeda di Taste the TV.Setelah dicampur, rasa tersebut akan dialirkan ke elemen bernama film higienis. 

“Saya mendesain TTTV agar ketika Anda menjilat layar secara langsung, Anda benar-benar dapat merasakan makanan yang ditampilkan di layar,” kata Miyashita.

Miyashita mengatakan, inovasi TTTV miliknya ini dapat menghadirkan pengalaman seperti makanan di restoran di belahan dunia lain, meski pemirsa berada di rumah. Selain itu, Miyashita mengatakan, penemuan Taste the TV yang bisa menampilkan rasa makanan ini juga dapat digunakan untuk membantu para juru masak belajar, meski dari jarak jauh, sebagaimana dihimpun dari The New York Post.

Terkait inovasi TTTV ini, Miyashita dilaporkan tengah dalam tahap pembicaraan dengan perusahaan yang tertarik untuk menerapkan teknologi TTTV ke makanan yang ada di dunia nyata. Sejauh ini, Miyashita baru membuat satu Taste the TV. 

Subscribe

- Notifikasi ke email setiap minggu

- Gratis tanpa biaya bulanan

Terbaru