HomeUmumPenyebab WhatsApp, Instagram dan Facebook Down

Penyebab WhatsApp, Instagram dan Facebook Down

Date:

Berita Terkait

Noice Dapat Pendanaan dari Alpha JWC dan Go Ventures

Noice, platform audio on-demand mendapatkan pendanaan pra-seri A yang...

Banyak Merek Kompetitor, 5 Alasan Lenovo Tetap Jadi Primadona Para Gamer

Lenovo Group Limited yang merupakan vendor PC Lenovo baru-baru...

GoTo Mengumumkan IPO di Bursa Efek Indonesia

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk resmi mengumumkan penawaran saham...

Cari Tempat Kos Ideal di Kotamu Lewat Aplikasi Cari Kos

Para pekerja atau mahasiswa yang sedang mengadu nasib di...

Aplikasi Google Coach akan Jaga Terus Kebugaranmu

Dalam menjaga kebugaran tubuh, kini Google tengah menyiapkan sebuah...

WhatsApp, Instagram, dan Facebook tumbang dalam waktu yang bersamaan cukup lama, hal ini membuat banyak orang kelimpungan sebelum berhasil dipulihkan. Gangguan menerpa berbagai belahan dunia termasuk juga Indonesia.

Dilansir dari situs Downdetector pada senin malam, WhatsApp, Instagram, dan Facebook tengah mengalami gangguan, dengan adanya gangguan ini ada ribuan laporan komplain dari para user yang diterima oleh situs tersebut.

Kendala koneksi ini paling banyak dikeluhkan oleh pengguna WhatsApp. Selain itu mereka mengaku tidak bisa menerima pesan. Sedangkan para pengguna Instagram mengeluhkan tidak dapat memperbarui news feed. Bahkan beberapa lainnya tidak bisa log-in ke aplikasi.

Dengan kejadian tersebut tagar #WhatsApp dan #InstagramDown pun membanjiri Twitter yang sering digunakan oleh netizen untuk berkeluh kesah jika ada layanan media sosial yang mengalami gangguan.

Melalui akun Twitternya, Facebook mengakui beberapa penggunanya mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk-produknya. Mereka pun mencoba untuk melakukan investigasi mencari penyebab masalah.

“Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini”, tulis akun Facebook.

Pun akun Twitter milik WhatsApp sudah berkicau tentang gangguan pada layanannya. Sama seperti Facebook, mereka juga tengah melakukan penyelidikan yang terjadi pada penggunanya di seluruh dunia.

WhatsApp menuliskan pada akun Twitternya, bahwa mereka menyadari adanya masalah dengan WhatsApp, dan pihaknya sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan sesegera mungkin.

Setelah mengalami gangguan kurang lebih 6 jam, akhirnya WhatsApp, Instagram, dan Facebook pulih kembali. Pengguna sudah mulai bisa mengirim dan menerima pesan, memperbarui feed setra memposting Stories.

Facebook juga mengatakan, Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami, kami meminta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali online.

Source: xconomy.com

Vice President of Engineering and Infrastructure Facebook, Santosh Janardhan dalam blognya mengatakan, tumbangnya ketiga layanan itu disebabkan oleh perubahan konfigurasi pada router backbone. Namun janardhan tidak memberikan penjelasan yang lebih detail.

“Tim teknisi kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini”, kata Janardhan dalam blognya.

“Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami”, sambungnya.

Janardhan juga mengatakan gangguan ini tidak disebabkan oleh hacker atau percobaan untuk mengambil data pengguna. Ia juga memastikan tidak ada data pengguna yang bocor selama gangguan ini terjadi.

Subscribe

- Notifikasi ke email setiap minggu

- Gratis tanpa biaya bulanan

Terbaru