Saingi Facebook, Xiaomi Rilis Kacamata Pintar Pertamanya

Tidak hanya berkutat dalam produk smartphone, Xiaomi menunjukkan eksistensinya dengan membuat IoT baru, yakni kacamata pintar. Perusahaan asal China ini resmi memperkenalkan perangkat kacamata pintar pertama buatannya, yang diberi nama Xiaomi Smart Glasses.

Sebelumnya, pada 9 September 2021, Facebook juga merilis kacamata pintar pertamanya yang berkolaborasi dengan produsen kacamata yang berasal dari Itali, yakni Ray-Ban.

Secara tampilan, desain yang diusung Xiaomi Smart Glasses ini tidak jauh berbeda dengan model kacamata hitam pada umumnya.

Kacamata pintar ini mampu menampilkan pesan dan pemberitahuan dari ponsel Android, melakukan panggilan telepon, navigasi, mengambil foto, hingga menerjemahkan teks tepat di depan mata.

Xiaomi membekali kacamata pintarnya dengan teknologi yang bernama MicroLED Imaging untuk menyesuaikan struktur ruang maupun ukuran kacamata, termasuk bobot dari perangkat, yakni 51 gram.

Xiaomi Smart Glasses memiliki chip display yang ukurannya hanya 2,4×2,02 milimeter. Dukungan layar monokrom di Xiaomi Smart Glasses diklaim mampu menampilkan tingkat kecerahan maksimal hingga 2 juta nits.

Source: indanexpress.com

Berkat desain struktur mikroskopik yang terukir di permukaan bagian dalam lensa, cahaya yang masuk dapat dibiaskan sehingga mata bisa melihat gamabar tanpa ada halangan sinar yang masuk kedalam.

Xiaomi Smart Galsses ini juga dibekali fitur Asisten XiaoAI yang berfungsi untuk memprioritaskan notifikasi penting, sehingga pengguna tidak merasa terganggu dengan pemberitahuan lain yang masuk.

Selain itu, kacamata ini juga dilengkapi dengan mikrofon dan speaker ganda (built-in) yang membantu pengguna saat menerima panggilan. Pada bagian lensa, terdapat kamera 5MP yang berfungsi untuk mengambil foto serta menerjemahkan teks secara langsung (real-time).

Hardware yang dibawa oleh kacamata pintar Xiaomi ini adalah prosesor ARM quad-core, baterai, panel sentuh (touch pad), fitur Wi-Fi dan Bluetooth, dan dukungan sistem operasi (OS) Android.

Namun, Xiaomi Smart Glasses ini masih dalam bentuk konsep. Pihak Xiaomi sendiri belum mengumumkan kapan produk ini akan diluncurkan.

Kacamata pintar akan jadi tren di masa depan.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg pernah meramal bahwa kacamata pintar bakal menjadi perangkat yang diandalkan banyak orang untuk berkomunikasi secara virtual.

Dengan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality di smart glasses, pengguna bisa mengunjungi tempat secara instan, misalnya rumah kerabat atau kantor tanpa harus benar-benar pergi kesana, kemudia bercakap-cakap dengan orang lain di lokasi tersebut.

Sebelum Facebook dan Xiaomi, perangkat kacamata pintar sudah pernah dipopulerkan oleh Google Glass yang diumumkan pada 2012 silam, namun kemudian urung dirilis untuk konsumen umum. Microsoft juga memiliki lini smart glasses HoloLens yang mengandalkan Mixed Reality, gabungan dari VR dan AR.

Mark Zuckerberg mengatakan bahwa keuntungan dari komunikasi lewat kacamata pintar adalah mengurangi waktu perjalanan yang akan ditempuh seseorang untuk pergi ke suatu tempat.

Dengan begitu, keinginan seseorang untuk berpergian pun akan berkurang. Waktu yang mereka gunakan untuk berkomunikasi jauh lebih efisien. Dan emisi kendaraan juga akan berkurang sehingga mengurasi polusi, tutup Mark.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga