iPad Mini 6 Rilis dan Fitur Baru Pada iPad 10.2

Akhirnya iPad mini membawa desain baru, setelah sekitar dua setengah tahun sejak iPad mini 5 rilis di tahun2019. Desain baru ini adalah “all-screen” seperti iPad Air dan iPad Pro. Di mana pada tampilan layar di iPad mini 6 memiliki bezel sekeliling layar yang tipis dengan sudut membulat.

Layar ini menggunakan panel IPS beresolusi 2266×1488 piksel yang menghasilkan kerapatan 326 ppi dengan reflektifitas rendah. Selain itu layar ini juga dilengkapi dengan teknologi True Tone, tingkat kecerahan 500 niy, dan mendukung P3 wide color gamut.

Dengan desain baru all-screen ini, Apple dapat memasang layar Liquid Retina lebih besar 8,3 inci sambil mempertahankan dimensi bodi ultra-portable yang sama.

Selain layar baru, ada beberapa hal yang juga merubah tampilan dari tablet terbaru Apple ini, seperti lokasi Touch ID yang dipindahkan ke sisi atas sebelah kanan, bersama tombol volume di sisi atas sebelah kiri.

Tablet ini juga ditambahkan dua mikrofon, speaker stereo di sisi atas dan bawah, port USB type-C, dan magnetic connector untuk mengisi daya Apple pencil gerenasi ke-2.

Source: xda-developers.com

Selain itu, dalam tablet besutan Apple ini juga ada fitur baru yang hadir, yaitu Center Stage bersama kamera depan baru 12 MP ultra-wide. Fitur baru ini memungkinkan pengguna tetap berada di posisi tengah saat panggilan video, kamera akan secara otomatis bergerak agar pengguna tetap berada di dalam frame.

Perubahan penting lainnya ada chip A15 Bionic baru. Dengan CPU 6-core yang menghadirkan lompatan performa 40 persen lebih cepat, GPU 5-core dengan peningkatan performa grafis 80 persen, dan Neural Engine 16-core yang dapat mengolah tugas machine learning 2 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Fitur baru pada iPad 10.2 (2021)

iPad 10.2 ini masih hadir dengan desain dan ukuran layar yang sama seperti pendahulunya. Artinya ia tetap kompatibel dengan berbagai aksesoris yang sudah tersedia untuk iPad 10.2 generasi sebelumnya termasuk dukungan Apple Pencil generasi pertama.

Kali ini, pembaruan pada tablet entry-level Apple generasi ke-9 ini juga begaian fitur True Tone yang dapat menyesuaikan warna dan intensitas layar secara otomatis agar sesuai dengan pencahayaan di sekitar sehingga lebih nyaman saat digunakan.

Kamera depan juga ditingkatkan menjadi 12 MP Ultra Wide dan dilengkapi dengan fitur Center Stage sama seperti iPad mini baru.

Source: apple.com

Pada iPad 10.2 (2021) ini ditenagai dengan chip A13 Bionic dengan Neural Engine yang berfungsi meningkatkan performa 20 persen dari generasi sebelumnya. Menariknya lagi, Apple akhirnya meningkatkan kapasitas penyimpanan internal dasarnya menjadi 64GB.

Harga iPad 10.2 (2021) ini dimulai dari Rp 4,6 jutaan untuk model WiFi only dan untuk yang versi seluler sekitar Rp 6,5 jutaan. Sementara untuk iPad mini baru dibanderol mulai dari Rp 7,1 jutaan untuk model WiFi only dan untuk yang versi 5G mulai dari Rp 9,2 jutaan.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga