WhatsApp Bisa Dipasang di iPad, Instagram Ogah!

Pada Agustus 2021 iPad bisa dipasangi aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini di iPad bisa dipasang lewat versi beta terbaru yang mendukung fitur multi-device versi 2.0.

WhatsApp merupakan aplikasi yang dapat dipasang di beberapa platform. Tidak hanya smarthphone, WhatsApp juga bisa dipasang di laptop maupun komputer.

Namun, yang sangat di sayangkan, aplikasi ini tidak mendukung tablet besutan Apple yakni, iPad. Jika pun ada, itu merupakan aplikasi yang sistemnya mirip dengan WhatsApp Web.

Dilansir dari @WABetainfo, akun Twitter resminya mengatakan bahwa WhatsApp versi iPad bukanlah web app atau aplikasi web yang berjalan melalui browser. Ini merupakan aplikasi native yang dibuat untuk iPad.

Dengan menggunakan aplikasi native WhatsApp di iPad bisa digunakan tanpa harus terhubung dengan smartphone. Cukup menggunakan nomor yang didaftarkan pada perangkat iPad, maka WhatsApp tersebut sudah dapat digunakan secara normal.

Karena belum rilis secara penuh, pengguna harus mendaftarkan ke program tersebut agar bisa menjajal update terbarunya lebih awal. Jika sudah terdaftar dalam program beta, WhatsApp di iPad akan secara otomatis muncul di App Store.

Untuk kedepannya, WhatsApp juga berencana untuk menambahkan fitur multi-device yang dimana fitur ini dirancang untuk perangkat tablet Android.

Source: lightstalking.com

Apabila WhatsApp sudah merancang versi beta untuk bisa digunakan di iPad, lain halnya dengan Instagram yang tidak berniat membuat aplikasi asli untuk tablet Apple.

Hal ini diungkapkan langsung oleh pendiri Instagram, Adam Mosseri, saat menanggapi pertanyaan kapan aplikasi Instagram di iPad dihadirkan.

Adam mengatakan bahwa, “Saya menghabiskan sedikit waktu di iPad karena saya dalam penerbangan. Tetapi masih belum ada aplikasi iPad untuk Instagram”.

“Bakal menyenangkan untuk dilakukan, tetapi ada banyak yang harus dilakukan jadi belum bisa,” tambah Adam.

Bagi pengguna iPad jawaban dari bos Instagram ini mungkin sangat tidak masuk akal. Pasalnya pada Juni 2021 lalu, Instagram mulai mengizinkan mereka yang mengakses situs dari komputer mereka untuk memposting dari desktop.

Untuk saat ini, iPad hanya dapat menginstal aplikasi Instagram untuk iOS, sehingga tidak bisa maksimal di layar tablet besutan Apple tersebut.

Namun bila OS 15 telah dirilis akan ada pembaruan yang memungkinkan aplikasi Instagram dapat dilihat dalam mode lanscape. Dengan ini para pengguna dapat mengubah orientasi aplikasi Instagram di iPad setelah mereka mengupdate iPadOS 15.

Jika kembali ke tahun 2010, ketika iPad masih baru, Apple ingin membawa aplikasi yang tersedia di iPhone ke tabletnya itu, dengan cara ini pengguna iPhone dapat membeli iPad dan mendapati bahwa aplikasi favoritnya akan tersedia walaupun hanya dalam mode potret saja, yang di mana salah satunya adalah Instagram.

Salah satu aplikasi yang juga terkenal di dunia yakni, Facebook dan Messenger yang kemudian membuat aplikasi versi iPad. Jadi sepertinya hanya Instagram satu-satunya dari keluarga Facebook yang menganggap iPad tidak ada.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga