Shopee di Amerika Latin Mengalahkan Asia Tenggara

Semenjak beroperasi di Brazil pada akhir 2019 lalu, Shopee kini jadi salah satu e-commerce yang punya banyak pengguna di Negeri Samba. Jumlah pengguna aktif bulanannya disana bahkan mengungguli Amazon Brazil.

Mereka juga diketahui tengah membuka sejumlah lowongan pekerjaan untuk memperkuat bisnis mereka di sana.

Ekspansi ke Brazil adalah inisiatif Shopee untuk memberi akses pasar internasional yang lebih luas kepada para penjual di platform marketplace (lokapasar) daringnya. Brazil saat ini sedang bertransformasi jadi pasar yang besar untuk raksasa e-commerce di Amerika Latin.

Perusahaan investasi Bernstein melaporkan Brazil mungkin sudah jadi pasar terbesar Shopee berdasarkan jumlah pengguna aktif bulanan, bahkan melebihi Indonesia.

Dengan adanya laporan ini menunjukkan bahwa jumlah pengguna Shopee di Brazil mengalami pertumbuhan secepat kilat. Fakta ini membuat tingkat ketertarikan para pengamat terhadap operasional Shopee di sana jadi berlipat ganda. Mereka juga penasaran akan rencana perusahaan untuk pasar Amerika Latin yang lebih luas.

Pada laporan keuangan Sea untuk periode Q4 2020 lalu, Alicia Yap selaku pengamat dari Citi menyampaikan pertanyaan pada para anggota manajemen terkait pandangan mereka tentang persamaan dan perbedaan antara Amerika Latin dan Asia Tenggara.

Dilihat dari keduanya tentu ini adalah pasar yang berbeda. Dari segi budaya dan perilaku sosial, misalnya, Amerika Latin relatif homogen jika dibandingkan Asia Tenggara.

Tapi keduanya memiliki persamaan, seperti jumlah penduduk yang hampir sama sekitar 600 juta lebih, serta beragam karakteristik lain yang dari beberapa negara yang tersebar di Amerika Latin dan Asia Tenggara.

Amerika Latin didominasi oleh dua negara terbesar, yakni Brazil dan Meksiko yang bahkan mengungguli dua negara terbesar di Asia Tenggara, yaitu Indonesia dan Thailand.

Source: labsnews.com

Produk Domestik Bruto (PDB) Brasil dan Meksiko, apabila digabungkan, menyumbang 70 persen dari total jumlah PDB enam negara terbesar di wilayah tersebut. Di sisi lain, PDB Indonesia dan Thailand hanya berjumlah 54 persen dari total PDB enam negara terbesar di Asia Tenggara.

Jadi bukan hal yang mengejutkan juka dua pasar yang dimasuki Shopee untuk pertama kali di Amerika Latin adalah Brazil dan Meksiko.

Rata-rata penduduk Amerika Latin juga lebih makmur dibanding penduduk Asia Tenggara. Penduduk Amerika Latin memiliki PDB per kapita sebesar 7.400 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 106 juta, sedangkan Asia Tenggara sebesar 4.900 dolar AS atau sekitar Rp 70 juta. Ini menandakan bahwa penduduk Amerika Latin memiliki daya beli yang lebih tinggi.

Dengan masuknya Shopee ke Amerika Latin membuat banyak pemain lain yang berbondong-bondong masuk pasar di sana. Pada awal 2021, platform e-commerce B2W dan perusahaan ritel fisik Lojas Americanas resmi melakukan merger.

Entitas gabungan Lojas dan B2W, yang 62 persen sahamnya sudah dikuasai Lojas sebelum merger, melahirkan suatu omnichannel baru dengan 1.700 toko fisik di seluruh Brasil, serta 87.000 vendor pada platformnya.

Perkembangan e-commerce di Brasil akan terhambat oleh kondisi infrastruktur logistik yang kurang layak dengan jalan rusak dan parahnya kemacetan lalu lintas ini sering mengakibatkan keterlambatan pengiriman.

Meskipun infrastruktur logistik di Asia Tenggara umumnya lebih baik, enam pasar besar terbesar di Amerika Latin tidak begitu jauh tertinggal dari negara-negara Asia Tenggara.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga