Ricoh Rilis GR III X Dengan Lensa Baru

Ricoh adalah kamera saku yang terkenal dari zaman film karena ukuran, ergonomi dan kualitas lensanya. Ricoh belum lama ini mengumumkan GR III X dengan varian GR III dengan lensa yang berbeda yaitu 26,1 mm f/2.8.

Pada varian ini cukup mengejutkan karena seri kamera Ricoh GR dari zaman film selalu menggunakan lensa ekuivalen 28mm, terkecuali kamera film Ricoh GR21 yang memiliki lensa 21mm.

Lensa teranyar ini dirancang karena permintaan para GR-ist, sebutan fotografer pengguna Ricoh GR. Yang dimana dengan lensa ini dapat memberikan hasil yang perspektifnya lebih mirip dengan pandangan mata manusia.

Lensa ekuivalen 40mm di full frame ini menggunakan dua elemen aspherical untuk meminimalkan Chromatic aberration, flare dan ghosting. Meski lensa fix ini bisa fokus cukup dekat, hanya 12 cm dari depan lensa untuk foto jarak dekat.

Source: dpreview.com

Untuk fitur kamera, Ricoh GR III X ini menggunakan sensor 24 MP tanpa filter AA untuk ketajaman maksimal, dan SR (Shake Reduction) tiga garis axis dengan kemampuan peredam getar sebesar empat stop.

Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah hybrid autofokus dengan deteksi mata dan wajah, AA filter simulator untuk mengurangi moire jika dibutuhkan dan RAW image editing di kamera.

Pada fitur video kamera ini cukup basic, karena hanya dapat merekam video Full HD 60p, tapi lumayan untuk merekam video clip singkat. Shake reduction akan sangat membantu menstabilkan gambar saat kamera tidak banyak bergerak.

Salah satu yang memebuat kamera ini makin menarik adalah aksesoris wide converter untuk GR III, yang membuat lensa ekuivalen dengan 21 mm, dan tele converter untuk GR III X yang mengubah lensa menjadi 75 mm.

Bagi yang memiliki kedua kamera dengan lens converter akan memiliki pilihan jarak fokal 21mm, 28mm, 40mm, dan 75mm. Pilihan yang cukup beragam dan menyenangkan untuk berbagai kondisi, misalnya traveling.

Pada kamera baru GR III X ini tidak terlalu mengalami banyak perubahan yang berarti dari generasi sebelumnya. Pasalnya hardware dan teknologinya masih sama dengan pendahulunya.

Namun untuk peningkatan softwarenya, Ricoh akan memberikan firmware update untuk pemilik GR III. Dengan itu, Kamera GR III tetap akan tersedua dan melengkapi dari GR III X.

Spesifikasi utama Rcoh GR III X adalah, Image sensor 24.24. MP no AA filters, AOS-C, menggunakan lensa 26.1mm ekuivalen 40mm f/2.8, untuk monitornya menggunakan Touchsreen 3 inch dengan 1 juta titik.

Untuk video kamera ini masih sangat basic, yaitu Video Full HD 60p, ISO 100-102400, Shake Reduction 3 axis built-in stabilization, Built-in ND Filter up to 2 stop untuk foto dan video, AA Filter Simulator, Dust sensor removal, Internal memory 2GB, SD card UHS-I, Autifocus: Hybrid Phase & Contrast Detect, Minimum focus distance: Normal mode: 0,2m, macro mode: 0,12m-0,24m, berat: 262g termasuk baterai dan sd card.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga