DJI Osmo Mobile 5 Resmi Masuk Indonesia

Gimbal smartphone DJI Osmo Mobile (OM) 5 telah resmi masuk Indonesia. DJI OM 5 adalah gimbal yang juga bisa difungsikan sebagai tongkat selfie atau tongsis.

Andre Tan, selaku Deputy CEO Erajaya Active Lifestyle, mengatakan DJI OM 5 ini menyasar para kreator yang bermuculan selama masa pandemi ini, terutama generasi milenial dan generasi Z.

Handheld stabilizer ini dirancang untuk membantu pengguna membuat konten gambar menjadi lebih mudah hanya dengan menggunakan smartphone, sehingga mereka bisa menghasilkan produk video yang lebih berkualitas, kata Andre.

Pada Agustus 2020 lalu, DJI OM 4 dirilis. Dibandingkan dengan pendahulunya DJI OM 5 memiliki sejumlah fitur-fitur terbaru yang di aplikasikan dalam handheld stabilizer terbaru itu.

Salah satu fitur yang paling mencolok dalam DJI OM 5 ini adalah gagang (Extension Rod) yang kini bisa dipanjangkan, sehingga gimbal ini ikut berperan ganda sebagai tongkat selfie.

Dengan begitu, pengguna bisa mengatur bidikan kamera dari posisi rendah hingga tinggi sambil tetap meredam guncangan ketika merekam video di smartphone menggunakkan DJI OM 5.

Source: gadgetren.com

Selain itu, ada juga fitur yang disebut ActiveTrack 4.0 yang bisa digunakan untuk mengunci fokus objek dan melacak pergerakannya ketika objek tersebut bergerak. Fitur ini berfungsi memastikan subjek tetap dalam fokus saat pemotretan atau perekaman video.

Fitur selanjutnya ada ShotGuides, di mana fitur ini hadir perdana pada industri teknologi gimbal yang dapat merekomendasikan mode perekaman sesuai dengan lingkungannya.

Meski DJI OM 5 sudah dirilis, ada beberapa fitur yang tetap dipertahankan dari generasi sebelumnya, seperti DynamicZoom, Hyperlapse, Timelapse, Motionlapse, Panorama, Spin Shot, Story Mode, dan mode untuk memberikan efek glamor pada gambar.

Pada rilisan gimbal terbarunya, DJI Osmo masih mengandalkan teknologi gimbal 3-axis dan desain folding yang memungkinkan gimbal bisa dilipat dan disimpan ke dalam saku. Namun, bentuknya kini lebih ringkas dan diklaim hanya sepertiga dari DJI OM 4.

Mekanisme penopang ponsel pada DJI OM 5 ini masih sama dengan pendahulunya yang menggunakan magnetic attachment. Dengan mekanisme tersebut, pengguna bisa menggunakan capit (clamp) magnetis yang bisa menopang ponsel diatas gimbal dengan kuat.

Gimbal ini juga dapat dipasangi capit yang sudah dibekali lampu LED yang bernama Fill Light Phone Clamp yang dimana capit ini sudah dilengkapi dengan pengaturan kecerahan suhu dan warna.

Meski demikian, aksesoris Fill Light Phone Clamp ini dijual terpisah. Dalam pembelian DJI OM 5, pengguna hanya mendapatkan capit bawaannya saja, yakni Magnetic Phone Clamp dan Ring Holder.

Dalam pengoperasian gimbal ini bisa dikontrol melalui sejumlah tombol yang menempel di perangkat, serta menggunakan aplikasi DJI Mimo yang bisa diunduh di Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga