Xiaomi Kalahkan Apple, Mi Band 6 Jadi Wearable Nomor Satu

Xiaomi mencatatkan performa positif. Perusahaan smartphone ini berhasil menjadi produsen perangkat wearable nomor satu di dunia, dengan pangsa pasar 19,6 persen secara global pada kuartal II-2021.

Jumlah pengiriman perangkat wearable Xiaomi juga mengalami kenaikan 2,6 persen dibandingkan kuartal yang sama pada tahun lalu, di mana jumlah tersebut mencapai delapan juta unit.

Dengan angka tersebut Xiaomi berhasil menempatkan Apple pada peringkat kedua dengan pangsa sebesar 19,3 persen.

Menurut Cynthia Chen, analis Canalys, pencapaian Xiaomi ini dipicu oleh keberhasilan gelang pintar (smartband) Xiaomi Mi Band 6 di pasaran. Xiaomi mengklaim bahwa suksesnya Mi Band 6 tak lepas dari momen peluncuran produk ini.

“Langkah yang diambil Xiaomi unutk mempercepat peluncuran Mi Band 6, membuat perangkat ini diminati banyak orang dibandingkan pendahulunya”, ujar Chen.

Source: digitaltrends.com

Namun, meski Apple berada pada tingkat kedua di bawah Xiaomi, tidak menjadikan produk mereka tidak diminati. Pengiriman perangkat wearable Apple tercatat mencapai 7,9 juta unit, atau tumbuh 29,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Pada posisi ketiga ada Huawei yang tercatat memiliki pangsa pasar wearable sebesar 9,2 persen dengan angka pengiriman 3,7 juta unit pada kuartal II-2021. Meski berbeda di urutan ketiga, Huawei justru mengalami penurunan mencapai 53,9 persen.

Posisi Selanjutnya ditempati oleh Fitbit yang mengirimkan 3 juta unit perangkat wearable dengan pangsa pasar 7,3 persen atau meningkat 20,6 persen dibandingkan kuartal II tahun lalu.

Samsung pun tak mau kalah. Peningkatan signifikan ditunjukkan Samsung yang berada pada urutan kelima dengan presentasi pertumbuhan 114,1 persen. Pabrikan asal Korea Selatan itu berhasil menjual 2,5 juta unit wearable pada kuartal II-2021. Pangsa pasar Samsung pada kuartal II-2021 tercatat mencapai 6,1 persen.

Jumlah pengiriman perangkat wearable memang meningkat dari tahun sebelumnya. Hingga kuartal II-2021, tercatat ada 40,9 juta unit perangkat wearable yang dijual secata global, naik 5,6 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Pasar Smartwatch global kuartal II 2021

Apple duduk di peringkat pertama dengan angka pengiriman sebanyak 7,9 juta unit di kuartal II-2021.

Huawei dan Garmin juga tercatat masuk dalam 5 besar produsen perangkat smartwatch global. Huawei mengekor Apple pada posisi kedua, sementara Garmin duduk di posisi ketiga dengan angka pengiriman masing-masing sebanyak 2,3 juta dan 1,9 juta unit smartwatch.

Pada posisi keempat dan kelima ada Samsung dan Xiaomi yang masing-masing mengirimkan 1,8 juta dan 1,5 juta unit smartwatch di kuartal II-2021. Pengiriman smartwatch Xiaomi sendiri meningkat paling masif, yakni mencapai 272,6 persen dari pengiriman 400.000 unit tahun lalu menjadi 1,5 juta unit di tahun ini. Sementara itu Huawei menjadi yang paling banyak mengalami penurunan pengiriman, yakni sebesar 33,9 persen.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga