Fitur Tip Jar Bisa Kirim Uang Pakai Bitcoin ke Pengguna Twitter

Pada awal tahun 2021, Twitter meluncurkan sebuah fitur baru yang bernama Tip Jar yang memungkinkan para pengguna dapat memebrikan uang langsung ke akun atau pengguna favorit mereka.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan terimakasih kepada pengguna yang kerap memposting hal kesukaan mereka. Dengan adanya fitur ini juga pengguna bisa memonetasi akun twitter milik mereka.

Namun, untuk saat ini fitur tersebut masih terbatas untuk pengguna Twitter di seluruh dunia. Untuk saat ini tidak semua akun bisa menerima tip, namun seluruh pengguna bisa mengirimkan tip ke akun pengguna lainnya seperti akun kreator, jurnalis, ahli dan nirlaba.

Dikutip dari The Verge, untuk mengirim uang ke akun favorit cukup membuka profil mereka di aplikasi Twitter lalu tap ikon uang yang ada di samping username. Akun yang sudah memenuhi persyaratan dari Twitter akan bisa mengaktifkan fitur ini lewat Settings untuk mulai menerima tip.

Pengguna Twitter di Android juga bisa memberikat tip ke akun favorit mereka melalui fitur Space. Twitter sendiri telah meluncurkan fitur mirip Clubhouse ini ke semua pengguna yang telah memiliki lebih dari 600 followers.

Saat fitur Tip Jar pertama kali diluncurkan platform tersebut memungkinkan pengguna dapat memberi uang menggunakan Bandcamp, Cash App, Patreon, PayPal, dan Venmo. Perusahaan yang khas denga logo burungnya ini pun mengatakan jika mereka tidak mengambil komisi dari tip yang diberikan pengguna ke akun favoritnya, jadi semuanya akan diterima pengguna secara penuh tanpa potongan dari pihak Twitter.

Source: mainmain.id

Kini Twitter memperkenalkan kembali cara baru bagi pengguna untuk memberi uang melalui Bitcoin yang dilansir dari Ubergizmo, pada Kamis, 2021 pekan lalu.

Hal ini terlihat dari pembaruan beta terbaru di mana ada kode yang menunjukkan bahwa Twitter sedang berupaya memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna memberi tip menggunakan bitcoin.

Pada bulan Juli, 2021 lalu, CEO Twitter Jack Dorsey mengatakan kepada investor bahwa Bitcoin akan menjadi penting bagi perusahaan dan mereka akan memperkenalkan fitur tersebut ke Tip Jar-nya dan berdasarkan kode terbaru tersebut sepertinya sudah dalam tahap pengerjaan.

Saat ini nampaknya fitur tersebut hanya hadir dalam versi beta iOS, namun hal ini tidak menutup kemungkin juga fitur ini akan hadir juga pada perangkat Android.

belum ada informasi detail tentang kapan akan diluncurkannya fitur ini, akan tetapi kode tersebut menunjukkan bahwa Twitter akan memberikan penggunanya tutorial tentang bagaimana cara memberi tip Bitcoin, serta menggunakan Bitcoin Lightning Network dan dompet kustodian dan non-penahanan ke pengguna Twitter di seluruh dunia.

Twitter berjanji akan memberikan detail dan update terbaru soal fitur terbarunya dalam waktu dekat. Mereka juga akan memperluas ketersediaan fitur ini untuk lebih banyak pengguna dan lebih banyak adanya bahasa dalam fitur ini.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga