Pengguna Android Tidak Berminat Ganti ke iPhone 13

Iphone 13 akan segera rilis tahun ini, kemungkinan akan melanjutkan tradisinya meluncurkan iPhone di bulan September. Hal ini tentunya ditunggu oleh banyak pengguna iPhone. Berdasarkan bocoran dari situs IT Home, Apple sepertinya akan meluncurkan pada 17 September mendatang.

Namun dibalik desas-desus Apple yang akan meluncurkan ponsel barunya, yakni iPhone 13. Ada hal yang menarik, karena mayoritas pengguna Android disebut masih setia dengan ponselnya, dan enggan beralih ke ponsel buatan Apple tersebut.

Pernyataan tersebut datang dari hasil survey yang dilakukan oleh sebuah marketplace dan situs perbandingan harga smartphone, SellCell terhadap lebih dari 5.000 pengguna Android berusia di atas 18 tahun, yang berdomisili di Amerika Serikat.

Hasil survey tersebut mengungkapkan, ada sebanyak 82 persen pengguna Android tidak berminat untuk beralih ke iPhone 13. Sisanya, sebanyak 18 persen responden mempertimbangkan untuk beralih ke ponsel iPhone generasi sebelumnya, yakni iPhone 12.

Dari segi loyalitas, kesetiaan dan kepercayaan para pengguna Android ini tergolong meningkat. Karena tahun lalu tercatat ada sekitar 33 persen pengguna Android yang mempertimbangkan untuk mengganti ponsel dan beralih menggunakan iPhone 12.

Ada sejumlah alasan yang membuat pengguna ponsel Android tak berminat mengganti ponselnya ke iPhone 13. Salah satu alasan utama dari para responden adalah tidak ingin kehilangan fitur in-display fingerprint atau pemindai sidik jari di bawah layar yang umum kita temui di ponsel Android kelas menengah ke atas. Hampir 32 persen responden pengguna Android memilih alasan ini.

Source: urbanasia.com

Sebenarnya, layar iPhone yang akan datang bakal dibekali pemindai sidik jari yang kali ini terintegrasi di layar, sehingga mengembalikan fungsi Touch ID yang absen semenjak digantikan oleh Face ID. Namun belakangan, fitur Touch ID ini dirumorkan tak jadi disematkan pada iPhone 13.

Alasan lainnya yang membuat pengguna Android enggan beralih ke iPhone 13 adalah adanya sebanyak 16,7 persen responden menyebutkan keterbatasan sistem operasi iOS yang tidak bisa diutak-atik, dan sebanyak 12,8 persen responden menyebutkan keterbatasan iPhone yang tak bisa mengunduh aplikasi dari sumber tak resmi.

Sementara sebanyak 12 persen responden pengguna Android lainnya berpendapat bahwa ponsel Android menawarkan spesifikasi hardware dan desain yang lebih baik ketimbang iPhone 13.

Sedangkan 10,4 pengguna Android enggan beralih ke iPhone 13 karena rencana Apple untuk memindai produk iPhone di Amerika Serikat dari gambar pelecehan seksul anak.

Rencanya, Apple akan menggunakan alat bernama nueralMatch. Alat yang dirancang untuk mendeteksi gambar pelecehan seksual anak ini akan memindai gambar sebelum diunggah ke iCloud. Apabila menemukan kecocokan, gambar akan ditinjau oleh manusia. Jika pelecehan anak dikonfirmasi, akun pengguna akan dinonaktifkan.

Ada pula pengguna Android yang tak berminat beralih ke iPhone 13 karena alasan kemampuan membeli (4,5 persen), memilih Google Assistant dibandingkan Siri (2,6 persen), tak adanya fitur split screen (2,3 persen), serta tidak ada model iPhone yang dilipat (0,8 persen).

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga