Bluebird Kini Bisa Gunakan GoPay Pada Aplikasi MyBlueBird

Blue Bird adalah sebuah grup jasa layanan transportasi terbesar yang namanya tidak hanya dikenal di sektor layanan taksi di Indonesia, tapi juga mitra penyedia jasa layanan armada transportasi di platform milik dua unicorn startup teknologi yang namanya sudah mendunia seperti Gojek dan Traveloka.

Perkembangan perusahaan jasa transportasi ini tidak lepas dari ekspansi bisnis lain dan pengadopsian teknologi ke dalam bagian lini bisnis transportation-as-a-service mereka.

Sejak beberapa tahun yang lalu, bisnis Blue Bird merambah ke proses layanan berbasis teknologi seperti penjualan perangkat GPS, konsultan IT, hingga digitalisasi pemesanan layanan armada kendaraan berbasis aplikasi.

Pada tahun 2015 Blue Bird bekerja sama dengan pihak pengelola aplikasi booking kendaraan yang sempat dianggap sebagai disrupsi bagi modal bisnis pemesanan taksi konvensional akibat berbagai faktor seperti perbedaan tarif yang lebih transparan melalui aplikasi.

Dengan adanya kerjasama yang dilakukan grup Blue Bird ini membuka pulang besar bagi perusahaan jasa layanan transportasi ini, tidak hanya berkolaborasi dengan aplikator booking transportasi online, tetapi juga pelaku Online Travel Agent (OTA), hingga berujung pada kemunculan beberapa layanan digital sendiri yang bernaung di bawah grup Blue Bird.

Perusahaan yang memiliki lebih dari 23.000 kendaraan ini memulai jejak digitalnya dari Blackberry.

Sejak 2011, Group Blue Bird telah merambah pemesanan via aplikasi mobile pada ponsel Blackberry. Inovasi ini kemudian disusul dengan diluncurkannya aplikasi mobile MyBlueBird untuk iOS dan Android yang terpisah dari layanan GoBlueBird, yang dimana layanan tersebut adalah hasil kolaborasi dengan Gojek pada 2016 lalu.

Di tahun 2017, Traveloka juga menggaet Blue Bird sebagai mitra pemesanan alat transportasi untuk berpergian menuju bandara.

Kemudian pada pada awal tahun 2020 lalu, Gojek menjadi pemilik saham minoritas di Blue Bird lewat pembelian saham senilai Rp 400 miliar.

Source: tagar.id

Pada 2021, aplikasi MyBlueBird diintegrasikan dengan layanan digital milik grup Blue Bird yakni, kurir pengantaran BirdKirim yang resmi diluncurkan pada September 2020. Pada tahun yang sama pula, Blue Bird memperkenalkan MobilGo, dimana ini adalah e-commerce penjualan aneka mobil bekar dari sisa armada BlueBird.

Tidak berhenti sampai disana, aplikasi MyBlueBird kini sudah resmi menghadirkan GoPay sebagai salah satu opsi pembayaran non-tunai. Pegguna setia BlueBird kini dapat menggunakan GoPay untuk transaksi semua layanan BlueBird, mulai dari taksi BlueBird, SilverBird, hingga layanan logistik BirdKirim.

Kehadiran GoPay melengkapi opsi pembayaran secara non-tunai. Selama pandemi, BlueBird mencatat kenaikan tren penggunaan transaksi non-tunai sebanyak lebih dari dua kali lipat di layanannya. Hadirnya opsi pembayaran non-tunai dilayanan BlueBird tidak hanya makin memudahkan penumpang, namun juga turut membantu para pengemudi armada Blue Bird dalam mendapatkan manfaat dari transaksi digital.

CEO GoPay, Hans Patuwo mengungkapkan, dengan menghadirkan GoPay sebagai jawaban berbagai kebutuhan pembayaran sehari-hari, kami terus mendorong kebiasaan untuk bertransaksi secara non-tunai di tengah masyarakat. Saat ini, layanan GoPay sudah makin diperluas dan bukan hanya bisa dipakai dalam aplikasi Gojek saja.

Hans juga menambahkan bahwa harapannya, kehadiran GoPay pada aplikasi MyBlueBird dengan jangkauan penggunaannya yang luas di seluruh Indonesia dapat makin meningkatkan adopsi pembayaran digital di masyarakat.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga