Xiaomi Meluncurkan MIUI 12.5 Enhanced Edition. Ini Perbedaannya Dengan Terdahulunya

Pada pekan lalu Xiaomi meluncurkan tampilan antarmuka MIUI versi terbarunya untuk sujumlah perangkat mereke. Pembaruan yang di beri nama MIUI 12.5 Enhanced Edition tersebut sebenarnya berasal dari MIUI 12.5 reguler yang dirilis Xiaomi pada Desember 2020 lalu.

Namun pada MIUI edisi terbaru ini dibekali dengan sejumlah peningkatan yang memfokuskan pada performa. Yang dimana, tampilan, desain ikon, menu, bilah notifikasi, dan elemen visualnya dari MIUI 12.5 Enhanced Edition tersebut bisa jadi tak ada yang berubah.

Namun dari segi fitur Xiaomi mengklaim melalui MIUI 12.5 Enhanced Edition ini konsumsi daya perangkat akan menjadi lebih awet dibandingkan perangkat MIUI 12.5 versi biasa. UI teranyar ini juga disebut bisa mengoptimalkan penggunaan RAM dengan bantuan “Atomized Memory”, fitur yang absen di MIUI 12.5 versi awal.

Dengan sistem terbarunya ini, ponsel diklaim akan bisa menyimpan lebih banyak aplikasi di latar belakang, sehingga akan lebih cepat untuk dibuka kembali jika dibutuhkan.

MIUI 12.5 Enhanced Edition terbaru ini juga disematkan algoritma manajemen baru yang dinamai dengan Focused Algorithms. Fitur ini diklaim dapat mengakolasikan sumber daya sistem berdasarkan skenario penggunaan. Menurut perusahaan elektronik swasta tersebut fitur ini akan memastikan pengalaman pengguna lebih mulus saat menggunakan ponsel yang berasal dari Tiongkok tersebut.

Selanjutnya ada fitur Liquid Storage yang diklaim akan menjadi penyimpanan media dalam dengan kondisi yang optimal, sehingga memperlambat ponsel menjadi lemot. Xiaomi juga mengklaim fitur ini hadir untuk memungkinkan ponsel hanya akan mengalami penurunan performa sebesar 5 persen saja, setelah penggunaan selama tiga tahun.

Fitur terakhir yang dihadirkan pada MIUI 12.5 Enhanced Edition ini adlaah Smart Balance, yang diklaim bisa meningkatkan atau memaksimalkan kinerja bagian dalam berbagai ponsel Xiaomi dengan hardware yang ada di dalamnya.

Source: gadgetren.com

Selain itu juga, MIUI 12.5 Enhanced Edition dikatakan akan memboyong sejumlah hal baru yang belum ada di MIUI 12.5, seperti Super Wallpaper yang lebih bervariasi, tambahan aplikasi sistem yang bisa dihapus dan disembunyikan, peningkatan privasi Xiaomi App Store, dan masih banyak lagi.

Xiaomi sudah mengelontorkan update UI terbaru ini pada awal bulan ini, namun masih untuk ponsel Xiaomi yang dirilis di China. Sementara untuk ponsel Xiaomi di pasar global dijanjikan akan mulai mendapatkan update MIUI 12.5 Enhanced secara bertahap.

MIUI 12.5 Enhanced Edition versi global rencananya akan dimulai pada Oktober hingga Desember 2021 mendatang. Dalam peluncuran UI terbarunya ini, Xiaomi hanya membagikan ke sembilan ponsel flagship Mi 10 dan Mi 11 yang akan kebagoan MIUI 12.5 Enhanced untuk pertama kalinya.

Dimana kesembilan ponsel itu adalah, Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11i, Mi 11X Pro, Mi 11X, Mi 10T Pro, Mi 10T, Mi 10 Pro, Mi 10. Belum dapat dipastikan apakah Xiaomi akan menggelontorkan pembaruai MIUI 12.5 Enhanced Edition ke ponsel Xiaomi lainnya di luar sembilan model ponsel di atas atau tidak.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga