Free Fire FFWS 2021 Dibatalkan

Kompetisi e-sport yang mencakup seluruh dunia, Free Fire World Series (FFWS) 2021 yang kedua pada tahun ini resmi dibatalkan karena pandemi Covid-19 yang belum juga menunjukan penurunan.

Garena, selaku penyelenggara mengumumkan melalui sejumlah akun resmi media sosial Free Fire, termasuk Intagram @ff.esport.id. “Dengan berat hati kami mengumumkan bahwa FFWS 2021 terpaksa dibatalkan mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di seluruh dunia”, tulis Garena.

“Kami telah mencoba mempertimbangkan seluruh opsi yang dapat dilaksanakan dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan seluruh tim dan pemain e-sports dari berbagai negara yang akan terlibat dalam FFWS, keputusan berat ini harus kami ambil”, tambah Garena.

Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari Garena untuk mengadakan FFWS 2021 yang kedua akan dialihkan sepenuhnya ke online, atau memang justru ditiadakan.

Garena juga mengatakan bahwa kompetisi ini awalnya akan digelar, namun Meksiko yang dimana menjadi negara terpilih diselenggarakannya kompetisi ini masih mengalami peningkatan kasus Covid-19. Sehingga wajar apabila kompetisi e-sports ini batal digelar, jika Meksiko memang benar menjadi tempat dilaksanakannya FFWS 2021 yang kedua.

Source: starjogja.com

Pada tahun lalu Garena juga batal menyelenggarakan turnamen FFWS 2020 karena alasan yang sama. Namun pada tahun kemarin mereka mengganti ajang tersebut dengan Free Fire Continental Series (FFCS) yang digelar secara virtual.

Kompetisi ini merupakan kompetisi yang dimana ada tiga wilayang besar yaitu EMEA (Eropa, Timur Tengah, dan Afrika),Amerika dan Asia yang menggelar FFCS untuk mencari juara di masing-masing region.

Belum diketahui apakah FFWS 2021 akan turut diganti dengan FFCS seperti tahun lalu atau tidak. Namun, pihak Garena mengatakan bahwa mereka memang berencan untuk menggelar event e-sports Free Fire di seluruh penjuru dunia.

FFWS diklaim sebagai turnamen game Free Fire terbesar di dunia dan biasanya memang digelar secara offline. Kompetisi ini juga biasa digelar sebanyak dua kali dalam satu tahun. Untuk tahun ini, ajang FFWS 2021 pertama sukses digelar secara fisik di Singapura dengan mengikuti segala protokol kesehatan yang sudah ditetapkan disana. Turnamen yang berhadiah dua miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 28,6 miliar tersebut diikuti oleh 18 tim e-sport dari seluruh penjuru dunia, termasuk di dalamnya ada tim dari Indonesia.

Pada pagelaran FFWS tahun lalu tim e-sports yang berasal dari Thailand, Phoenix Force berhasil memenangkan kejuaran bergengsi ini dan membawa pulang hadia senilai 500.000 dolar AS atau sekitar Rp 7,1 miliar. Sementara itu Indonesia membawa dua perwakilannya, yakni Evis Divine dan First Raiders Bravo, yang harus puas berada pada posisi ke delapan dan ke sebelas. Masing-masing dari mereka mendapatkan hadiah senilai 80.000 dolar AS, sekitar Rp 1,1 miliar dan 60.000 dolar AS atau sekitar Rp 856 juta.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga