Samsung Diramal Akan Jadi Penguasa Ponsel Lipat

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, beberapa vendor smartphone mulai banyak merilis ponsel lipat (foldable phone) buatan mereka. Hal ini pun di prediksi akan terus meningkat untuk kedepannya.

Pada tahun 2020 pengiriman ponsel lipat diprediksi naik sebanyak tiga kali lipat pada tahun 2021, sekitar 9 juta unit. Dan akan terus melesat tajam pada tahun 2023 mendatang dengan pengiriman naik hingga 10 kali lipat, menurut firma riset Counterpoint Research.

Beberapa vendor yang pernah memproduksi foldable phone pada tahun 2020 adalah Samsung dan Huawei yang merilis ponsel lipat Mate X pada 2020 lalu. Selain kedua vendor diatas, masih banyak vendor lainnya yang juga pernah memamerkan ponsel lipat dengan mekanisme lipat yang beragam, seperti Oppo dan Xiaomi.

Source: harapanrakyat.com

Dari semua vendor yang pernah meluncurkan ponsel lipatnya nama Samsung dipredisi akan mendominasi pasar ponsel lipat dengan perkiraan market share sebesar 88%.

Dalam rekam jejaknya Samsung sudah melahirkan tiga generasi foldable phone dengan dua model. Kedua model ini adalah Galaxy Z Fold dengan mekanisme yang dilipat secara horizontal seperti layaknya membuka sebuah buku dan Z Flip yang bisa di buka dari atas ke bawah, layaknya cangkang kerang.

Konsistensi Samsung dalam beberapa tahun terakhir dalam memproduksi smartphone lipat diprediksi akan menguasai pangsa pasar 75%.

Source: teknodaim.com

Hal ini tentunya membuat Samsung menjadi percaya diri untuk menjadi vendor ponsel lipat paling laris dan meningkatkan permintaan pasar. Samsung juga sangat berambisi dapat membuat foldable phone lebih membumi.

Beberapa ponsel lipat yang dirilis oleh Samsung antara lain:

  1. Samsung Galaxy Fold. Smartphone lipat ini mengusung gaya yang sangat elegant dengan layar sebesar 7,3 inci dengan panel Dynamic AMOLED menjadikan layar Samsung Galaxy Fold memiliki tampilan yang duper jernih dengan warna yang tajam. Menggunakan chipset Snapdragon 885 denga tiga buah kamera yang terdiri dari lensa wide berukuran 12 MP, satu lensa telefoto dengan ukuran 12 MP dan lensa ultra wide berukuran 16 MP. Sementara kamera selfie dilengkapi dengan lensa berukuran 10 MP dan 8 MP. Dengan desain yang elegant ponsel lipat ini memiliki RAM 12 GB tentunya memiliki performa yang super kencang.
  2. Samsung Galaxy Z Flip. Ponsel lipat ini dirilis pada 2020 lalu dengan layar menggunakan Foldable Dynamic AMOLED dengan besar layar 6,7 inci, chipset menggunakan Snapdragon 855+ dengan RAM 8 GB terbilang cukup untuk ponsel lipat ini. Untuk kamera ada dua buah di bagian belakang (12 MP + 12 MP) dan ada satu di bagian depan (10 MP).
  3. Samsung Galaxy Z Fold 2 5G. Rilis pada 2020, ponsel ini dibalut dengan chipset tercanggih di dunia, yakni Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+), di lengkapi tiga buah kamera di belakang dengan masing-masing memiliki ukuran 12 MP dan dua kamera depan dengan ukuran yang sama yakni 10 MP. RAM pada ponsel lipat yang lumayan besar 12 GB.

Suksesnya Galaxy Z Fold 2 dan Galaxy Z Flip dari segi desain hingga spesifikasi membuat Samsung lebih percaya diri dengan menghadirkan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3.

Spesifikasi dari Samsung Galaxy Fold 3 ini mengusung layar Dynamix AMOLED 2x Display yang berbentang 7,6 inci. Pada sisi belakang terdapat tiga lensa yang terdiri dari ultrawide, wide, dan telefoto yang masing-masing berukuran 12 MP. Kemudian kamera depan tunggal beresolusi 10 MP.

Sedangkan Samsung Galaxy Z Flip 3 memiliki layar yang terbentang 6,7 inci dengan jenis panel yang sama dengan Galaxy Z Fold 3 5g. Meski mengusung chipset yang sama Ram yang dimiliki ponsel lipat ini lebih kecil yakni 8 GB. Untuk kamera sendiri Galaxy Z Flip 3 menanamkan dua kamera belakang, ultrawide 12 MP dan wide dengan resolusi 12 MP. Sedangkan kamera depan hanya berisikan satu buah dengan resolusi 10 MP.

Kedua ponsel lipat teranyar dari Samsung ini disebut-sebut membuat ponsel lipat lebih memasyarakat dibandingkan sebelumnya.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga