Zoom Tak Aman? Ini 5 Aplikasi Video Teleconferencing Lainnya!

Baru-baru ini, Zoom diterpa isu keamanan yang lemah. Padahal, di tengah pandemi COVID-19, Zoom menjadi salah satu aplikasi favorit dan melesat popularitasnya. Tak terkecuali di Indonesia, Zoom banyak digunakan baik untuk rapat antar perusahaan maupun pembelajaran sekolah dan kuliah.

Namun, karena kemudahannya yang tanpa harus login dan tidak memiliki enkripsi end-to-end, Zoom menimbulkan kekhawatiran. Video saat meeting online rentan terhadap pencurian informasi oleh peretas. Bahkan, Zoom mulai ditinggalkan oleh beberapa perusahaan besar.

Wah, kira-kira aplikasi apa lagi ya, yang bisa kita gunakan untuk meeting online? Tenang, selain Zoom ternyata ada lima aplikasi lain yang bisa kamu gunakan saat work from home lho! Berikut ini ulasannya.

WhatsApp

Tak hanya chatting, WhatsApp juga bisa digunakan sebagai rapat kerja jarak jauh. Video call WhatsApp bisa menampung hingga 4 orang dengan video yang jernih tapi hemat kuota. WhatsApp tersedia untuk Android dan iOS, bisa digunakan selama berjam-jam tanpa batasan watku, dan aman tentunya.

Google Hangsouts Meet

Salah satu kehebatan aplikasi ini adalah daya tampung. Dalam satu panggilan video, 250 orang bisa bergabung dan bertatap muka online secara rapi. Selain itu, Google Hangsouts Meet dibekali beberapa fitur Google terbaik seperti text-to-speak hingga meeting schedule melalui Google Calendar. Kamu bisa membagikan undangan dengan code ke orang lain agar mereka bisa ikut ke dalam meeting.

Skype

Jauh sebelum kemunculan Zoom, Skype sudah banyak digunakan. Aplikasi ini mampu menampung 25 orang sekaligus dalam satu video conferencing. Bisa pula diakses dalam beberapa perangkat seperti komputer, laptop, smartphone, hingga televisi. Bahkan, Skype juga bisa melakukan panggilan berbayar ke nomor ponsel maupun telepon rumah.

Facetime

Facetime adalah aplikasi buatan Apple sehingga hanya bisa digunakan oleh pengguna produk Apple saja termasuk iPhone, iPand, dan Pod Touch. Kamu yang memiliki produk-produk Apple tentu bisa melakukan meeting online melalui Facetime dengan keamanan yang terjamin dan kualitas video terbaik.

Slack

Slack banyak digunakan perusahaan-perusahaan besar. Aplikasi ini berbasis grup dan kamu bisa sharing data antar kolega. Biasanya banyak digunakan untuk rapat-rapat tim. Salah satu perusahaan di Indonesia yaitu Tokopedia menggunakan Slack untuk berbagi dokumen hingga melakukan panggilan video. Aplikasi ini bisa digunakan untuk 15 orang sekaligus dan tersedia dalam versi Android maupun iOS.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga

Pendapatan Grab Hampir Kembali Normal seperti Sebelum Masa Pandemi

Hal ini dinyatakan oleh pernyataan dari Presiden Grab, Ming Maa oleh edaran yang dikeluarkan pada tanggal 22 Oktober. Dia mengatakan pendapatan Grab...

Oppo Find X2 Lite Belum Rilis, Ini Bocoran Desain dan Spesifikasinya

Setelah merilis ponsel super pada Maret lalu bertajuk Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, Oppo kembali berinovasi dengan akan meluncurkan versi...

Galaxy Buds Plus, Earphone TWS Samsung Terbaru

Februari lalu Samsung telah merilis lini ponsel flagship terbarunya seperti Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip. Namun, tak berhenti sampai di sana,...

Bingung Pesan Makanan di mana? Cek Google Maps Aja!

Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan mengurangi aktivitas yang melibatkan banyak orang. Kebijakan ini tentu...

Y50, Vivo Luncurkan Ponsel Layar Punch Hole

Vivo sebagai salah satu raksasa smartphone dari China kembali meluncurkan ponsel berkelas beratjuk Vivo Y50. Ini adalah ponsel kelas menengah yang dipasarkan...