iPhone 7 di 2020? Masih Layak?

Apple setiap tahun selalu konsisten meluncurkan produk terbaru. Hebatnya, setiap line-up iPhone selalu digemari konsumen dunia. iPhone 11 contohnya, belum genap dirilis sebulan, smartphone ekslusif tersebut menjadi salah satu ponsel terlaris di 2019. Namun, kemunculan versi iPhone terbaru ternyata berdampak pada versi-versi sebelumnya. Terbukti beberapa iPhone ‘jadul’ dijual dengan harga yang sangat murah.

Salah satu seri iPhone tersebut adalah iPhone 7. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus baru diperkenalkan pada September 2016 bersama AirPods. Walau hampir empat tahun lamanya, banyak orang yang masih mengincar iPhone seri yang satu ini.

Sebenarnya, apakah iPhone 7 masih layak digunakan pada tahun 2020 di saat banyak jenis smartphone yang terlihat super canggih tapi terjangkau? Simak kelebihan dan kekurangan iPhone 7 yang wajib kamu ketahui!

Kelebihan iPhone 7

Bentuknya Ringkas

iPhone terkenal dengan ukurannya yang mini dan simple apalagi pada versi-versi sebelum iPhone 7. Saat ini, sudah banyak smartphone yang mengusung layar luas dan lebar di atas 6 inci. Tapi, iPhone 7 hanya berukuran 4.7 inci sehingga lebih ringkas dan simple saat dibawa ke mana-mana. iPhone 7 juga lebih ringan dari pendahulunya, iPhone 6 dengan screen-to-body ratio sebesar 65.6%.

Anti Air

iPhone 7 tersertifikasi sebagai smartphone anti air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Sertifikasi yang dimilikinya adalah IP67 dust/water resistant dan merupakan inovasi Apple pertama saat itu. Walau di saat yang bersamaan berbagai produk smartphone menawarkan kemampuan water resistant yang lebih baik, tetap saja iPhone 7 diminati karena kulitas bahannya yang terjamin.

Kualitas Kamera OK

Alasan kuat mengapa orang berganti dari Andoid ke iOS adalah karena kualitas kamera. iPhone 7 memiliki kualitas kamera yang baik terutama untuk sosial media seperti Instagram stories, WhatsApp stories, dan lain-lain. iPhone 7 dibekali dengan kamera 12 MP, kamera seflie 7 MP, dan fitur HDR serta slow motion @240fps.

Kekurangan iPhone 7

Namun iPhone 7 juga memiliki beberapa kekurangan yang harus kamu pertimbangkan yaitu kapasitas baterai yang kecil dan tidak cocok untuk gaming.

Baterai Kecil

iPhone memiliki kapasitas baterai yang kecil dibandingkan dengan smartphone yang kini beredar di pasaran. iPhone 7 hanya mampu bertahan 3-4 jam saja maka dari itu, memiliki power bank adalah sebuah keharusan. Walau demikian, battery health iPhone 7 sudah mencapai 83% yang mana sudah cukup baik di kelasnya.

Bukan HP Gaming

Kamu yang suka bermain game tidak disarankan untuk membeli smartphone yang satu ini. Selain karena kapasitas baterai yang kecil, ukuran layarnya juga tidak cocok untuk permainan yang sangat intens. iPhone 7 Plus mungkin bisa menjadi alternatif buatmu karena ukuran layarnya yang sedikit lebih besar 5,5 inci.

Itu dia ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 7. Kamu yang masih setia dengan ponsel satu ini wajib mempertimbangkan kembali baik buruknya sehingga bisa bermanfaat dan menunjang produktivitas harianmu. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga

Oppo Find X2 Lite Belum Rilis, Ini Bocoran Desain dan Spesifikasinya

Setelah merilis ponsel super pada Maret lalu bertajuk Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, Oppo kembali berinovasi dengan akan meluncurkan versi...

Galaxy Buds Plus, Earphone TWS Samsung Terbaru

Februari lalu Samsung telah merilis lini ponsel flagship terbarunya seperti Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip. Namun, tak berhenti sampai di sana,...

Bingung Pesan Makanan di mana? Cek Google Maps Aja!

Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan mengurangi aktivitas yang melibatkan banyak orang. Kebijakan ini tentu...

Y50, Vivo Luncurkan Ponsel Layar Punch Hole

Vivo sebagai salah satu raksasa smartphone dari China kembali meluncurkan ponsel berkelas beratjuk Vivo Y50. Ini adalah ponsel kelas menengah yang dipasarkan...

Tak Cukup PS5, Kini Sony Siapkan Controller DualSense

Sony baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menawarkan wujud baru Controller Playstation 5 bernama DualSense. DualSense memiliki desain baru dan lebih megah...