Spotify Kuasai Aplikasi Streaming Musik yang Semakin Populer

0
75

Tak hanya streaming film atau video, kini streaming musik pun semakin diminati. Secara rinci, salah satu perusahaan riset, Counterpoint Research, menyatakan bahwa terjadi pertumbuhan yang signifikan terhadap penggunaan aplikasi streaming musik dunia yaitu sebesar 32%. Pertumbuhan ini menunjukkan potensi pasar streaming musik yang mampu bertahan hingga beberapa tahun ke depan.

Apalagi, perhitungan yang dilakukan hanya dari jumlah pelanggan berbayar belum mencakup jumlah dari free-user. Dalam laporannya, Spotify dikatakan menjadi pemimpin pasar streaming musik dunia dengan pengguna mencapai 358 juta! Spotify secara konsisten terus meningkatkan laju industri mereka mulai dari 23% pada tahun 2018 dan 35% pada tahun 2019.

Bahkan, pendapatan Spotify pada tahun lalu adalah sebesar 31% dari total pendapatan streaming musik dunia yang berasal dari berbagai perusahaan lain. Walau demikian, Spotify tetap memiliki pesaing tangguh dan terus menguntit di urutan kedua yang tak lain adalah Apple Music.

Apple Music mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dengan pangsa pasar sebesar 19% pada tahun 2019. Peningkatan tersebut tak lain karena Apple Music melakukan promosi besar-besaran mulai dari brand ambasador hingga potongan harga. Namun, kegiatan promosi Apple Music belum sebanding dengan Spotify yang rela menggelontorkan dana fantastis.

Spotify melakukan kegiatan promosi seperti Spotify Premium yang berlangsung selama 3 bulan, potongan harga, fitur diskotumisasi, serta fokus pada aplikasi yang ekslusif. Menurut Counterpoint Research, Spotify tidak bisa hanya berfokus pada kegiatan promosi tapi juga harus mengintip perkembangan pesaing selain Apple Music seperti Google dan Amazon.

Amazon Music, YouTube Music, dan beberapa aplikasi buatan Tencent salah satu perusahaan raksasa dari China bisa saja menggeser Spotify atau Apple Music. Amazon Music pada tahun 2019 telah menguasai 15% pasar streaming musik sedangkan QQ Music, Kugou, dan Kuwo yang merupakan anak dari Tencent menguasai 11% pasar streaming musik dunia.

Persaingan di industri streaming musik juga akan semakin ketat di tengah wabah COVID-19. Selain itu, aplikasi streaming musik juga mengalami pertumbuhan karena munculnya trend podcast yang digemari orang-orang. Pada tahun ini, Counterpoint Research memprediksi bahwa pertumbuhan industri streaming musik global akan menjadi 25% dengan total 450 juta pengguna. Wah, banyak banget ya!

Beri Komentar