Bandingkan PS5 Vs PS4, Siapa Pemenangnya?

Kamu pecinta game pasti tahu kalau Sony baru saja membocorkan salah satu konsol game andalannya, PlayStation 5 atau disebut PS5. Acara live streaming tersebut mengisyaratkan bahwa PS5 akan segera dirilis dengan spesifikasi yang lebih baik dari versi sebelumnya, PS4.

Secara terpisah, Sony telah membeberkan beberapa modifikasi yang diberikan pada PS5 sehingga terjadi peningkatan kualitas dibanding PS4. Sejumlah peningkatan tersebut mencakup hardware, resolusi gambar yang lebih real, hingga waktu loading yang lebih ngebut.

PlayStation 5 dipastikan akan menggunakan 8 prosesor AMD Zen 2 dan core CPU bertenaga 3,5 GHz. Bila dibandingkan dengan PS4 yang hanya mengandalkan AMD Jaguan 1,6 GHz, tentu performa PS5 akan jauh lebih superior. Tidak hanya unggu dari internal prosesor, PS5 juga memiliki RAM sebesar 16GB atau 4 kali lebih besar dari PS4.

Untuk urusan daya komputasi, PS5 juga jauh lebih tangguh. PS5 dibekali dengan GPU AMD dengan 36 CU serta daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops. Berbeda drastis dengan PS4 yang hanya dibekali dengan GPU PS4 18 CU dan berdaya 1,84 Teraflops. Dengan GPU serta daya komputasi yang lebih besar, tentu kualitas grafis yang dimiliki PS5 akan melebihi PS4.

Sony juga tampaknya memodifikasi media penyimpanan PS5 dengan mengadopsi SSD atau Solid State Drive. SSD lebih cepat dibanding HDD atau Hard Disk Drive yang masih digunakan oleh PS4. Dengan perubahan ini, tentu proses loading game akan lebih cepat.

Walau SSD PS5 sebesar 825GB, kamu masih bisa menambahkan SSD tambahan untuk menyimpan game-game baru. Dalam sebuah uji coba, PS5 diklaim mampu memuat sebuah game hanya dalam hitungan detik saja. Percobaan terakhir menunjukkan rata-rata memuat game PS5 hanya 2,7 detik. Cepet banget, ‘kan?

Sony juga berjanji bahwa PS5 nantinya akan memiliki resolusi gambar sampai 8K bukan lagi 4k seperti PS4. PlayStation 5 juga akan dibekali kemampuan artificial intelligence sehingga mampu membaca sebuah game dari piringan UHD Blue-ray.

Kamu yang sudah nggak sabaran sepertinya harus menunggu karena Sony masih belum menentukan kapan PS5 akan dirilis secara resmi. Spekulasi yang muncul adalah pada akhir tahun 2020 ini dan itu mungkin hanya berlaku di beberapa negara saja.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga

Pendapatan Grab Hampir Kembali Normal seperti Sebelum Masa Pandemi

Hal ini dinyatakan oleh pernyataan dari Presiden Grab, Ming Maa oleh edaran yang dikeluarkan pada tanggal 22 Oktober. Dia mengatakan pendapatan Grab...

Oppo Find X2 Lite Belum Rilis, Ini Bocoran Desain dan Spesifikasinya

Setelah merilis ponsel super pada Maret lalu bertajuk Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, Oppo kembali berinovasi dengan akan meluncurkan versi...

Galaxy Buds Plus, Earphone TWS Samsung Terbaru

Februari lalu Samsung telah merilis lini ponsel flagship terbarunya seperti Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip. Namun, tak berhenti sampai di sana,...

Bingung Pesan Makanan di mana? Cek Google Maps Aja!

Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan mengurangi aktivitas yang melibatkan banyak orang. Kebijakan ini tentu...

Y50, Vivo Luncurkan Ponsel Layar Punch Hole

Vivo sebagai salah satu raksasa smartphone dari China kembali meluncurkan ponsel berkelas beratjuk Vivo Y50. Ini adalah ponsel kelas menengah yang dipasarkan...