HP Refurbished? Pahami Pengertian, Perbedaan, Serta Kelebihannya!

Kamu pernah mendengar atau bahkan membeli Hp Refurbished? Mungkin tak sedikit dari kamu yang paham apa itu sesungguhnya HP refurbsihed. Seperti alat teknologi lainnya, smartphone tidak mungkin diproduksi dengan sempurna. Mungkin akan terdapat kerusakan saat proses perakitan mesin dilakukan.

Barang-barang elektronik yang diperjualbelikan hingga tiba di tangan konsumen adalah barang sempurna. Sedangkan, terdapat beberapa produk yang ditarik kembali adalah produk defect atau cacat dan akan diperbaiki. Material-material tertentu diganti atau diperbaiki secara parsial karena kerusakan yang minim.

Perlu kamu ketahui, brand-brand smartphone besar pun pasti pernah memproduksi produk yang tidak sempurna alias mengalami kerusakan kecil. Oleh karena itu, munculah istilah HP refurbished. Penasaran? Berikut ini ulasan singkatnya mulai dari pengertian, perbedaan refurbished, keunggulan, sekaligus keamanannya.

Pengertian Refurbished?

Secara sederhana, refurbished atau rekondisi adalah kondisi ketika suatu product atau barang ditarik kembali untuk diperbaiki. Dengan kata lain, ketika kamu melihat atau membeli HP refurbished, maka HP tersebut pernah mengalami kerusakan sebelumnya lalu ditarik dan dijual kembali. Tentu setelah semua kerusakan diperbaiki atau setelah beberapa komponen rusak diganti.

Setiap HP yang direfurbished harus tetap melewati tes kualitas sebelum bisa diperjualbelikan kembali. Biasanya, setiap HP refurbished akan ditandai dengan kata “refurbished” atau seperti Apple yang menandainya dengan kalimat “Apple Certified Pre-Owned”.

Hal serupa juga pernah dilakukan Samsung ketika Samsung Galaxy Note 7 sering mengalami ledakan. Samsung menarik kembali dan melakukan rekondisi yang kemudian dinamai dengan Samsung Galaxy Note Fan Edition. Oleh karena itu, kamu yang memiliki Samsung Galaxy Note FE adalah sebenarnya HP refurbished.

Apa Sih Bedanya Refurbished Pabrik dan Distributor?

Mungkinkah sebuah HP rekondisi adalah hasil dari produksi kembali oleh pabrik? Jawbannya tidak. HP refurbished bisa saja berasal dari distributor dan pabrik. HP refurbished pabrik dilakukan oleh pabrik bersangkutan dengan garansi dan kualitas yang lebih terjamin. Sedangkan HP refurbished distributor atau refurbished oleh pihak ketiga memiliki kualitas yang diragukan dengan garansi tidak resmi.

Keunggulan Refurbished Pabrik

Membeli HP refurbished sebenarnya memberikan banyak keuntungan terutama yang direfurbished langsung oleh pabrik. Biasanya, HP tersebut akan lebih murah namun dengan kualitas yang setara seperti produk sempurna. Kamu tak perlu khawatir bila membeli HP rifurbished dari pabrik karena tidak terjadi penuran kualitas sama sekali.

Berbanding terbalik bila kamu memutuskan untuk membeli HP refurbished dari distributor atau pihak ketiga. Walau harganya murah bahkan lebih murah dari refurbished pabrik, kualitas yang ditawarkan sangat rendah. Membeli HP refurbished distributor sangatlah tidak disarankan karena garansi yang tidak resmi sehingga sulit untuk melakukan proses klaim.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga

Pendapatan Grab Hampir Kembali Normal seperti Sebelum Masa Pandemi

Hal ini dinyatakan oleh pernyataan dari Presiden Grab, Ming Maa oleh edaran yang dikeluarkan pada tanggal 22 Oktober. Dia mengatakan pendapatan Grab...

Oppo Find X2 Lite Belum Rilis, Ini Bocoran Desain dan Spesifikasinya

Setelah merilis ponsel super pada Maret lalu bertajuk Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, Oppo kembali berinovasi dengan akan meluncurkan versi...

Galaxy Buds Plus, Earphone TWS Samsung Terbaru

Februari lalu Samsung telah merilis lini ponsel flagship terbarunya seperti Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip. Namun, tak berhenti sampai di sana,...

Bingung Pesan Makanan di mana? Cek Google Maps Aja!

Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan mengurangi aktivitas yang melibatkan banyak orang. Kebijakan ini tentu...

Y50, Vivo Luncurkan Ponsel Layar Punch Hole

Vivo sebagai salah satu raksasa smartphone dari China kembali meluncurkan ponsel berkelas beratjuk Vivo Y50. Ini adalah ponsel kelas menengah yang dipasarkan...