Sensor 150MP? Samsung Munculkan Inovasi Terbaru!

Menjadi satu-satunya produsen sensor di atas 100MP sangat menguntungkan Samsung. Pasalnya, mereka mampu bersaing dan menawarkan value preposition yang tak dimiliki produsen lain. Dengan keunggulan dalam bidang research and development, Samsung kembali menantang para pesaingnya dengan meluncurkan Sensor 150MP. Rencananya, sensor ini akan diliris pada akhir tahun 2020.

Bila dibandingkan dengan Sony RX100, sensor 150MP milik Samsung akan lebih besar 1 inci. Bahkan, ukuran ini akan lebih besar lagi bila dibanding dengan ISOCELL Bright HMX sebagai sensor 108MP pertama sebesar 1/1.33 inci.

Sensor 150MP mengadopsi Nonacell Pixel Binning 9-in-1 yang mana mampu menghasilkan gambar sebesar 16MP. Bila dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu Galaxy S20 yang menggunakan sensor 108MP, hasil gambar yang dihasilkan meningkat sebesar 4MP.

Samsung sebenarnya pertama kali mengumumkan sensor 108MP pada bulan Agustus 2019 dan sudah dianggap setara dengan kualitas kamera DSLR. Hal ini membuat Xiaomi juga menciptakan sensor serupa walau hanya mengadopsi teknologi binning 4-in-1 bersama Samsung. Perusahaan ponsel besar dari Cina ini bukan tidak mungkin akan mampu beradaptasi dan menawarkan sensor yang lebih baik dari Samsung.

Tedapat beberapa rumor yang menyatakan bahwa Oppo, Vivo, hingga Xiaomi berniat bekerja sama dengan Samsung dan membekali ponsel mereka dengan sensor serupa. Xiaomi berharap mampu merilis Mi Mix 4 dengan sensor terbaru.

Oppo dan Viro secara ambsius juga berencana untuk mengkombinasikan sensor 150MP Samsung dengan Snapdragon 875 di kuarter pertama tahun 2021. Oppo dan Vivo akan meluncurkan dua smartphone baru bernama Oppo Find X dan Vivo Nex 4 dengan sensor dan prosesor baru tersebut.

Belum saja usai dengan pengembangan sensor, Samsung juga mulai mengembangkan kualitas storage ponselnya. Belakangan ini, Samsung secara konsisten memproduksi secara masal terkait penyimpanan atau storage versi 512GB eUFS 3.1 yang akan digunakan oleh flagship smartphone-ny.

Dengan teknologi baru ini, Samsung yakin akan membuat performa smartphone menjadi lebih cepat dan baik. Terobosan-terobosan yang dibuat Samsung selama ini akan membuat produsen smartphone lain kesulitan untuk menguasai pasar ponsel cerdas dunia.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga

Pendapatan Grab Hampir Kembali Normal seperti Sebelum Masa Pandemi

Hal ini dinyatakan oleh pernyataan dari Presiden Grab, Ming Maa oleh edaran yang dikeluarkan pada tanggal 22 Oktober. Dia mengatakan pendapatan Grab...

Oppo Find X2 Lite Belum Rilis, Ini Bocoran Desain dan Spesifikasinya

Setelah merilis ponsel super pada Maret lalu bertajuk Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, Oppo kembali berinovasi dengan akan meluncurkan versi...

Galaxy Buds Plus, Earphone TWS Samsung Terbaru

Februari lalu Samsung telah merilis lini ponsel flagship terbarunya seperti Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip. Namun, tak berhenti sampai di sana,...

Bingung Pesan Makanan di mana? Cek Google Maps Aja!

Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan mengurangi aktivitas yang melibatkan banyak orang. Kebijakan ini tentu...

Y50, Vivo Luncurkan Ponsel Layar Punch Hole

Vivo sebagai salah satu raksasa smartphone dari China kembali meluncurkan ponsel berkelas beratjuk Vivo Y50. Ini adalah ponsel kelas menengah yang dipasarkan...