Tahun 2019, Google Meluncurkan Sistem Operasi Android Q

0
171

Belum lama mengeluarkan sistem operasi Android generasi ke 9, Google dikabarkan telah meluncurkan sistem operasi Android yang ke-10 pada 13 Maret 2019 lalu. Seperti yang kita ketahui bahwa generasi ke-9 yang diluncurkan oleh Google bernama Android Pie, untuk generasi yang ke-10 ini disebut-sebut memiliki awalan huruf Q. Banyak orang menerka-nerka apa itu “Q” yang akan dijadikan nama sistem Android oleh Google.

Mulai dari Quaker Oats, Queen Pudding dan masih banyak lainnya. Terlepas dari nama apa yang nantinya akan diberikan Google untuk generasinya yang paling baru ini, tentu kita semua dibuat penasaran apa perbedaan sistem Android terbaru ini dengan generasi-generasi sebelumnya.

Bagi para pengguna Android tentunya mereka mengharapkan sistem operasi yang lebih baik, lebih cepat dan lebih efektif daripada sebelumnya. Jadi sebenarnya apa sih Android Q itu? Berikut penjelasannya

1.    Privacy

Google mengklaim bahwa Android Q mampu menghadirkan kontrol privasi yang lebih baik ketimbang OS sebelumnya. Hal ini berarti pengguna dapat membatasi aplikasi agar hanya menarik informasi lokasi perangkat ketika aplikasi sedang dibuka. Hal yang samapun juga berlaku untuk file foto, video, dan audio.

2. Design

Untuk Anda pengguna Android layar lipat, sistem operasi Android Q ini diklaim membuat perpindahan yang lebih halus ketika mengubah mode layar. Sehingga Android Q ini disebut-sebut di desain secara kompatibel dengan ponsel keluaran terbaru, termasuk memaksimalkan kemampuan pada ponsel layar lipat.

3. Notification

Jika pada sistem Android biasanya kita menghilangkan notifikasi dengan menggesernya ke kanan atau kiri. Dengan Android Q jika Anda menggesernya ke sebelah kiri maka akan muncul beberapa opsi yaitu, Block, Show Silently, dan Keep Alerting.

4. Theme

Sebagai sistem operasi terbaru , Android Q juga menghadirkan tema yang lebih beragam mulai dari warna, jenis huruf, dan bentuk ikon.

5. QR Code

Hal ini adalah salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh pengguna Android, yaitu sharing WiFi menggunakan QR Code. Jadi sistem berikut ini adalah apabila Anda membutuhkan WiFi maka anda tidak perlu berbicara secara langsung melainkan hanya cukup scan maka password dari WIFI Anda secara otomatis akan diketahui oleh orang tersebut.

Beri Komentar