Pedihnya BBM Tutup, Begini Imbasnya

0
162
The Indian Wire

Pertama kali digunakan oleh masyarakat sejak tahun 2013 lalu, tahun ini pihak BlackBerry mengemukakan akan menutup aplikasi BlackBerry Messenger atau lebih sering dikenal sebagai BBM.

BBM pada mulanya menjadi salah satu aplikasi berkirim pesan instan yang cukup banyak digunakan. Aplikasi BBM awalnya hanya bisa digunakan oleh para pengguna handphone BlackBerry.

Namun seiring dengan berjalannya waktu penggunanya semakin luas karena BBM juga dapat diinstal melalui handphone Android. Sempat naik daun pada masanya kini aplikasi pesan instan BBM terpaksa harus gulung tikar karena tidak mampu menyaingi kompetitor berkirim pesan lainnya.

Menurut beberapa mantan pengguna BBM, mereka beralih ke aplikasi pesan instan lainnya dikarenakan aplikasi BBM terlampau berat untuk memori smartphone.

Dengan penutupan aplikasi tersebut, ternyata beberapa layanan lain yang terkait dengan apliksi BBM berpotensi kehilangan akses pengguna alternatif mereka. Apa saja layanan yang terkena imbas tersebut, berikut penjelasannya.

1. DANA

Dana adalah aplikasi dompet digital yang tersedia dalam Android dan iOS. DANA selama ini memudahkan para pernggunanya untuk bertransaksi di sejumlah layanan lainnya seperti Bukalapak, Tix.id dan juga BBM. Karena bersifat open-platform, nampaknya tutupnya aplikasi BBM tidak terlalu berpengaruh besar untuk DANA. Meski begitu, tetap saja DANA akan kehilangan beberapa pengguna alternatif mereka.

2. Vidio

Sama halnya seperti aplikasi DANA, dengan tutupnya aplikasi BBM Vidio juga akan kehilangan beberapa pengguna mereka yang didapatkan dari akses BBM. Meski Bukan aplikasi pembayaran seperti DANA, layanan distributor konten ini tentu akan kehilangan pengguna mereka yang sebelumnya terserap dari basis pengguna BBM.

Salah satu penyebab tutupnya aplikasi ini adalah eksistensi aplikasi BBM yang semakin tergerus oleh aplikasi lain yang ternyata menawarkan kemudahan dan kenyamanan lebih dalam berkirim pesan.

Salah satu kompetitor yang cukup meredupkan eksistensi aplikasi BBM adalah WhatsApp.

Pada tahun 2018 lalu, pihak BlackBerry Messenger sempat melakukan protes kepada beberapa aplikasi seperti WhatsApp, WeChat, Facebook dan lain-lain karena dianggap menjiplak fitur yang mereka miliki.

Kalah Persaingan

Namun rupanya hal itu tidak cukup berpengaruh hingga membuat aplikasi BBM mendapatkan rugi yang cukup besar sehingga terpaksa harus gulung tikar di tahun ini tepatnya pada tanggal 31 Mei 2019 nanti.

Meski sudah lama ditinggalkan, rasanya cukup sedih ya mendengar kabar aplikasi BBM akan segera ditutup.

Bagaimanapun aplikasi BBM adalah aplikasi berpesan singkat pertama yang cukup berpengaruh bagi beberapa orang. Apakah Anda salah satunya?

Beri Komentar