Masa Depan Startup dengan Progam Inkubator

0
69
Progam Inkubator

Saat ini jika berbicara mengenai perkembangan ekonomi, tentu kita tidak jauh-jauh berbicara mengenai technopreneur perkembangan dunia Startup saat ini. Di  Indonesia, perkembangan Startup semakin meningkat dan kehadiran inkubator bisnis teknologi pun dibutuhkan demi terciptanya perusahaan yang siap bersaing. Meningkatnya penggunaan internet di Indonesia mendorong tumbuhnya bisnis Startup di Negeri ini. 

Sejarah awal Startup

Berawal di tahun 1998 beberapa Startup diciptakan dan meramaikan dunia internet. Sempat mengalami pasang surut karena berbagai hal, perkembangan bisnis yabg satu ini akhirnya melesat sukses di tahun 2007.

Ditandai dengan hadirnya berbagai Startup baru yang semakin meramaikan dunia industri ini. Sama seperti bisnis lainnya,  Startup seringkali mengalami kendala. Mulai dari kebutuhan bimbingan, infrastruktur, hingga permodalan.

Program Startup di Indonesia

Disinilah inkubator diperlukan untuk mematangkan Startup yang baru lahir. Saat ini terdapat beberapa inkubator di Indonesia yang siap memberikan bimbingan bagi Startup di Indonesia. Pendiri Startup bisa melakukan riset serta memilih inkubator mana yang sesuai dengan visi dan misi.

Pihak Startup yang pernah diinkubasi juga menjadi salah satu pertimbangan memilih inkubator. Setelah dirasa cocok pendiri Startup bisa melamar ke inkubator yang diinginkan. Jangan lupa untuk berbenah diri terlebih dahulu mulai dari operasional, struktur dan konsep di masa depan.

Dari sinilah pendiri Startup bisa piching kepada inkubator sebagai tahap penentuan Startup apakah diterima atau tidak. Dari 10 piching biasanya hanya 2 Startup yang terpilih. Selain melamar, inkubator juga kerap mengadakan lomba untuk memilih Startup. Di ajang inilah para pendiri Startup bisa tampil unjuk kelebihan, bersaing mencuri perhatian dari pihak inkubator. 

Peran Investor untuk Mendanai Startup

Pihak inkubator sendiri juga selalu memiliki kriteria dalam memilih investasi atau inkubasi.  Kebanyakan para investor melihat interpreuner nya sendiri atau dari foundernya. Produk yang dimiliki oleh suatu Startup memang bisa jadi sangat keren atau market juga bisa sangat besar, tapi jika foundernya bukan termasuk orang yang bisa belajar pihak inkubator cenderung tidak mendekat. 

Ditambah lagi industri Startup masih terbilang baru dan sangat dinami. Sehingga biasanya inkubator lebih mencari founder-founder yang coachable.

Banyak hal yang bisa didapatkan dari program inkubasi. Mulai dari lokasi kantor, infrastruktur kantor seperti back office operation yang terdiri dari bagian keuangan, hunan resources, administrasi, bimbingan secara intens untuk mengembangkan produk dan pemasaran, dan yang paling krusial agar bisa bersaing dengan Startup lain adalah permodalan. Program inkubasi ini biasanya berlangsung selama 6 bulan, 12 bulan atau 18 bulan.

Beri Komentar