Startup AI Nodeflux Jadi ‘Official Global Partner’ dengan Nvidia

0
469
Nodeflux

Setelah cukup mengukir keberhasilan di tahun 2018, Nodeflux, startup AI asli Indonesia ini mengumumkan secara resmi telah menjadi bagian dari program Nvidia-Metropolis Software Partner Program atau dikenal dengan Nvidia-MSPP.

Disebutkan bahwa Nvidia merupakan satu-satunya perusahaan AI Indonesia yang masuk dalam jajaran daftar ini bersama dengan 24 perusahaan terkemuka lainnya di seluruh dunia.

Nvidia-MSPP sendiri merupakan program pemanfaatan AI dan deep learning yang berperan memberi solusi inovatif dalam menjaga keamanan kota, dan berinisiatif terhadap smart cities.

Meidy Fitranto selaku CEO Nodeflux menuturkan bahwa, “Menjadi official global partner Nvidia tentunya menjadi hal yang sangat berarti bagi kami. Yang artinya adanya pengakuan terhadap solusi Nodeflux oleh perusahaan global yang merupakan hardware leader dalam industri AI. Kami berharap agar para konsumen Indonesia juga mengetahui bahwa ada karya anak bangsa berkualitas global yang kini dapat mereka gunakan”, lugasnya.

Capaian ini semakin mengukuhkan Nodeflux di jajaran startup AI dunia, serta memungkinkan mereka dapat memanfaatkan teknologi Nvidia lebih lanjut untuk memproses komputasi dengan cerdas.

Nodeflux menjelaskan bahwa teknologi komputasi Nvidia sangat penting untuk digunakan pada sistem mereka, terutama karena GPU merupakan komponen penting dalam melakukan inferencing atau analytics function bagi pengiriman pada layanan Intelligent Video Analytics yang sedang dikembangkan.

Untuk dapat bergabung dengan program Nvidia-MSPP ini, Nodeflux menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai proses panjang, dimulai dari tahun 2017 dengan bergabung dalam Inception Program, yang dilanjutkan dengan implementasi terhadap beberapa kota.

Di tahun 2018, Nodeflux telah sukses dalam mengimplementasi solusi inovatif AI seperti face recognition, people counting, license plate recognition, vehicle counting and classification, hingga solusi smart city.

Solusi ini telah diimplementasikan di beberapa kota seperti Jakarta, Jawa Barat, Palembang, Jawa Timur, Bali, dan kota lainnya yang akan menyusul.

Nodeflux juga tercatat telah berkontribusi dengan beberapa event-event penting seperti Asian Games 2018, IMF-World Bank Group Annual Meeting 2018, serta integrasi pertama di Indonesia untuk face matching technology dengan menggunakan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Solusi ini sangat mendukung pada manajemen perkotaan dan penerapan smart city.

Capaian ini tentunya tidak hanya berdampak baik pada reputasi Nodeflux, namun juga turut menempatkan Indonesia di mata dunia terutama di bidang AI, serta sejajar dengan Amerika Serikat, Inggris, Tiongkok, atau juga Israel.

Kedepannya Nodeflux akan lebih fokus pada pengembangan produk dan riset lebih jauh, serta melakukan implementasi terhadap kota-kota lainnya di Indonesia.

Beri Komentar