Sadis! Adu Kecerdasan Antar Speaker Pintar: Google Home Juara

0
107
Google Home

Penasaran gak mana yang paling cerdas diantara semua perangkat speaker terkemuka? Apakah itu HomePod-nya Apple, Cortana milik Microsoft, Google Home atau mungkin Anda lebih memilih Echo milik Amazon?

Nah, sebuah perusahaan riset terkenal bernama Loup Ventures melakukan serangkaian uji coba dan penelitian terkait hal tersebut. Pengujian yang dilakukan yakni dengan cara memberikan 800 pertanyaan kepada masing-masing perangkat tersebut, baik itu HomePod, Cortana, Google Home dan Echo. Ke delapan ratus pertanyaan tersebut dibagi menjadi lima kategori yaitu Command, Commerce, Information, Local dan Navigation.

Hasil yang didapat dari pengujian tersebut pun mencengangkan. Pertama, HomePod dari Apple hanya mampu menjawab sebanyak 75 persen dengan tepat namun salah menafsirkan tiga buah pertanyaan yang telah diajukan.

Sementara itu, Echo kepunyaan Amazon hanya mampu menjawab sebesar 73 persen pertanyaan dengan akurat yang berarti ada delapan buah pertanyaan yang tidak mampu dijawab oleh Echo karena salah pengertian sehingga speaker pintar itu tidak dapat menampilkan jawaban dengan benar.

Hasil pengujian yang diraih Echo ini masih lebih baik dibandingkan jumlah pertanyaan yang berhasil dijawab Cortana. Speaker cerdas milik Microsoft tersebut hanya bisa menjawab sebanyak 63 persen dan salah menafsirkan lima buah pertanyaan.

Lalu bagaimana dengan Google Home? Surprisingly, Google Home mampu memahami seluruh pertanyaan tanpa ada sedikit pun kesalahan. Speaker cerdas ini bahkan mampu menjawab sekitar 86% pertanyaan dengan akurat.

Dikutip dari Android Authority pada Sabtu, 22 Desember 2018, secara kategori pertanyaan, Apple HomePod dapat mengungguli Google Home pada kategori Command (perintah) namun sisa keempat kategori lain dirajai oleh Google Home.

Kelemahan Apple HomePod di sini dikarenakan perangkat ini hanya dapat digunakan untuk habitat Apple saja, sedangkan Google dapat dipadankan dan digunakan dengan segala macam perangkat lain selain Google.

Menguatkan hasil penelitian ini, ternyata sebelumnya Loup Ventures juga pernah melakukan penelitian yang serupa pada empat asisten digital berbeda. Keempatnya itu adalah Google Assistant milik Google, Siri milik Apple, Cortana milik Microsoft dan Alexa milik Amazon. Hasilnya pun sama saja. Google Assistant dari Google menjadi asisten digital paling cerdas yang mampu menjawab semua pengujian dengan baik.

Beri Komentar