Demi Menyambut Era Teknologi, Bank Danamon Kembangkan Layanan API Central

0
36
danamon-api-central

Bank Danamon baru – baru ini telah meluncurkan API (Application Programming Interface) Central, merupakan open banking yang memungkinkan nasabah bank dapat terhubung langsung, baik dalam melakukan transaksi finansial ataupun non-finansial.

Menjawab kebutuhan di era teknologi saat ini yang serba cepat, bank juga dituntut untuk menyediakan layanan berbasis digital yang cepat, mudah, dan aman digunakan oleh nasabahnya. Meskipun telah menjalin kerjasama dengan perusahaan virtual lainnya seperti Tokopedia, Go-Pay, dan Investree, adanya layanan API Central akan lebih mendukung koneksi antara bank dengan nasabah lebih cepat, terutama untuk mendukung transaksi dan perkembangan bisnis lebih baik.

Mary B. James, Chief Information Officer Bank Danamon berkomentar, “Bank Danamon akan terus menyediakan teknologi terkini guna mendukung inklusi keuangan dan perkembangan digital di Indonesia. Kami percaya dengan teknologi API Central yang solid ini dapat memberi nilai dan meningkatkan layanan untuk nasabah kami, dengan mempertahankan kecepatan, kemudahan, dan keamanan”, lugasnya.

Ronaldi Laksana, Vice President dan IT Group Head Danamon juga menambahkan, “Sebelumnya API Central pernah dibuka, hanya saja tertutup untuk klien tertentu saja saat ingin mengadakan pertemuan khusus. Namun saat ini layanan ini resmi dibuka untuk seluruh nasabah Bank Danamon. Open banking kini juga wajib dilakukan, terutama demi memperluas kolaborasi dengan layanan lainnya seperti p2p lending, korporasi, e-commerce, dll,” ujarnya.

Dengan hadirnya layanan API Central ini, diharapkan Bank Danamon dapat terus menjadi mitra yang selalu mengedepankan nasabah.

Menurut Elisa M. Halim, Transaction Banking Product Head Bank Danamon, “Berdasarkan laporan Temasek Asia Tenggara, Indonesia yang memiliki 150 juta pengguna internet melakukan transaksi hingga mencapai USD 27 miliar, dengan potensi akan naik hingga USD 100 miliar di tahun 2025. Hal ini menjadi salah satu alasan Bank Danamon meluncurkan API Central yang menargetkan marketplace dan online retail, industri Fintech, dan payment gateway untuk pasar utama,” lugasnya.

Kedepannya, Bank Danamon akan semakin mengembangkan service package API Central, dan saat ini telah menyediakan setidaknya 7 service utama yang dapat dengan mudah diakses di situs developer danamon. Di situs ini, nasabah dapat dengan mudah mempelajari service package dan sekaligus melakukan testing di environment sandbox Danamon yang terjamin aman.

Untuk meningkatkan nilai proposisinya, Bank Danamon juga berencana akan meluncurkan layanan baru yang lebih advance, walaupun masih dalam tahap pengembangan saat ini.

Beri Komentar