Tiongkok Siap Gelar Jaringan Internet 6G

0
63
jaringan-6g

Belum reda euphoria tentang akan diimplementasikannya sistem teknologi seluler generasi ke-5 atau 5G secara masif mulai tahun depan, Tiongkok agaknya tidak sabar untuk beranjak ke jenjang yang lebih tinggi yakni 6G. Kepala tim khusus yang bekerja di bawah Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Tiongkok, Su Xin bahkan memberikan informasi tentang tim-nya yang sedang dalam persiapan untuk menghadapi era 6G. Langkah ini memang terbilang cepat disaat beberapa operator telekomunikasi dan vendor masih berupaya mematangkan diri mereka dalam mengadopsi teknologi 5G. Menurut Su Xin, penelitian serta pengembangan awal jaringan 6G akan dimulai pada tahun 2020. Jika semuanya lancar, Tiongkok menargetkan akan mulai mengkomersilkan jaringan 6G mulai 2030 mendatang.

Hal ini tentu saja membawa angin segar bagi dunia modern. Bagaimana tidak?! Jaringan 5G saja mampu memunculkan tren “Internet of Things” bagi masyarakat modern sehingga seluruh dunia pun bisa merasakan sebuah “peradaban baru” yang lebih menjanjikan. Jaringan 5G sangat dibutuhkan di masa depan untuk menyambut era Industri 4.0 yang dicanangkan pemerintah. Mesin-mesin industri akan sangat membutuhkan jaringan ini karena keunggulannya yang minim latensi.

Diketahui bahwa kecepatan rata-rata 5G saja sebesar 300 Mbps tergantung dengan lokasinya. Oleh karena itu, data 1G saja dapat diunduh hanya dalam waktu singkat saja yakni hanya selama 28 detik. Bila kecepatan rata-ratanya sebesar itu, maka kecepatan maksimal 5G adalah sebesar 1 Gbps. Oleh karena itu, jika dilakukan pengunduhan data maka pengguna hanya membutuhkan waktu sekitar 1 detik untuk mengunduh data 1 Gbps seperti dilansir dari Bloomberg dan KompasTekno (18/11/2018).

Jika untuk internet 5G saja sebesar itu, maka pastilah teknologi seluler 6G akan lebih dahsyat, bukan? Dan tentu saja bila kecepatannya sebesar itu akan membuat penguna bisa memproses pengunduhan data menjadi lebih cepat. Su Xin beranggapan bahwa kecepatan jaringan internet 6G yang disajikan oleh Tiongkok akan 10 kali lebih handal dibandingkan teknologi 5G. Alhasil, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk berselancar di dunia maya demi menanti data yang belum selesai terunduh.

Beri Komentar