netflix

Event tahunan Netflix Hack Day yang digelar setiap dua kali dalam setahun kembali menghasilkan kreasi menarik dari para engineer-nya, dan menjadi sorotan dengan ide eksperimen dan teknologi terbaru untuk dikembangkan.

Seperti halnya ide brilliant Mindflix yang dicetuskan tahun lalu, kini event ini muncul dengan tim kreatif yang menawarkan Eye Tracking sebagai touch-free navigasi atau tanpa sentuhan.

Hasil karya dari John Fox, Ben Hands, dan Steve Henderson ini dikhususkan untuk pengguna iOS yang memanfaatkan sistem kamera TrueDeep untuk membaca gerakan mata. Gerakan mata tersebut kemudian diubah menjadi kursor yang akan menavigasi aplikasi Netflix.

Pada dasarnya konsep ini terlihat persis dengan teknologi pengenal wajah atau Face ID dan juga Animoji, hanya saja dalam konsep ini Netflix memungkinkan penggunaan tanpa jari.

Grup engineer ini menjelaskan bahwa teknologi ini sangatlah akurat dalam membaca pergerakan mata, sehingga kursor akan bergerak disesuaikan dengan arah mata memandang, dan hanya perlu menatapnya sedikit lebih lama jika ingin memilih atau dengan istilah men-tap nya. Jika ingin kembali ke Menu Utama atau menutup layar, pengguna hanya perlu sedikit menjulurkan lidah. Mereka berharap jika konsep ini dapat menjadi Aksesibilitas API utama kedepannya.

Walau belum ada jaminan bahwa konsep ini akan digunakan pada aplikasi Netflix dimasa mendatang, namun ide – ide pembaharuan tersebut sangatlah menarik untuk perkembangan aplikasi di masa mendatang.

Netflix menjelaskan bahwa event Hack Day ini merupakan suatu acara yang sangat besar bagi Netflix, dengan tujuan untuk mengeksplorasi ide – ide dan eksperimen teknologi baru dari inisiatif para engineer-nya, serta menyatukan karyawannya dari semua disiplin ilmu yang berbeda. Event ini juga digunakan sebagai bentuk pengembangan dan pembaharuan pada produk, meningkatkan kinerja internal tools, ataupun sekedar untuk hiburan.

Bahkan beberapa ide dan konsep yang terlahir pada event ini telah banyak memberi peningkatan pada fitur – fitur Netflix sebagai aplikasi streaming raksasa, dan bisa saja konsep teknologi Eye Tracking Navigation ini menjadi salah satunya di masa mendatang.

Beri Komentar