tiktok

Dengan maraknya kegiatan sharing dan streaming video di social media saat ini, tentunya membuat aplikasi berbagi video TikTok yang populer baru – baru ini semakin diminati oleh para netizen.

Aplikasi asal China ini bahkan berhasil menggaet pasar Amerika, dan menjadi aplikasi smartphone untuk berbagi video yang paling banyak di download dalam 2 bulan terakhir.

Bahkan ketenarannya tercatat mampu melampaui Facebook, Youtube, Instagram, ataupun Snapchat dalam hal jumlah unduhan paling banyak di App Store sejak bulan September lalu.

Dilansir dari Tech Cruch (5/11/2018), TikTok berhasil melampaui unduhan dari keempat aplikasi tersebut hingga 29,7% pada 29 September lalu, dan meningkat hingga 31% pada akhir bulan Oktober, dengan total unduhan sekitar 3,81 juta kali untuk Android ataupun iOS, jika dibanding Facebook yang hanya memiliki 3,53 juta instalasi pengguna.

Jumlah ini sebenarnya sudah mulai terlihat sejak akhir tahun lalu di Amerika, dengan peningkatan tajam pada instalasi hingga 237%.

Bahkan kini TikTok menjadi aplikasi yang paling diminati oleh pengguna, dengan masuk dalam jajaran keempat aplikasi unggulan setelah Youtube, Instagram, dan Snapchat.

Meskipun begitu, karena terbilang baru, TikTok masih sangat jauh dalam hal tingkat engagement (interaksi) dibanding keempat aplikasi lainnya, dengan baru hanya menggapai engagement sekitar 29%.

Sedangkan Youtube, Instagram, dan Snapchat sudah menggapai engagement 95%, bahkan Facebook mencapai 96%.

Namun, meskipun masih merupakan aplikasi baru yang berdiri pada September tahun 2016 lalu, bisa dikatakan bahwa TikTok merupakan aplikasi yang pas untuk generasi milenial. Terutama dengan semakin meningkatnya trend streaming dan membagi video singkat saat ini, jika dibandingkan dengan foto.

Keunggulannya yang paling menonjol dibanding aplikasi lainnya yaitu penggunaan layanan andalan Musical.ly, yang memungkinkan penggunanya dapat membuat video pendek dengan berbasis musik secara otomatis.

Tentunya fitur tersebut sangat jarang ditemukan di aplikasi lainnya, dan membuat netizen untuk segera ingin meng-install dan mencobanya.

Kesuksesan aplikasi TikTok dalam menggaet pengguna telah dibuktikan dengan jumlah instalasinya yang sekarang sudah mencapai lebih dari 500 juta pengguna yang aktif, dan dicoba oleh netizen lebih dari 150 negara.

Beri Komentar