bayar sim lewat go-pay

3 November 2018 lalu, Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi menggelar Talkshow yang membahas tentang penerapan layanan Cashless Payment Service atau non-tunai, demi tujuan pelayanan publik yang transparan dan untuk mencegah korupsi.

Layanan transaksi tersebut mencakup pembayaran Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dengan memanfaatkan 3 metode pembayaran non-tunai yaitu layanan digital Go-Pay dari Go-Jek, T-Cash, dan Bank BRI.

Dengan adanya metode pembayaran ini diharapkan akan mengurangi praktik pungutan liar dan korupsi yang biasa terjadi.

Cara penggunaannya pun gampang, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Go-Jek dan memilih menu ‘Bayar’, kemudian men-scan kode QR yang tersedia baik untuk memperpanjang ataupun membuat baru PNBP SIM atau SKCK, masukkan nominalnya, dan lakukan konfirmasi pembayaran.

Menurut Kapolres Metro Bekasi Indarto pada saat Talkshow, bahwa perbaikan sistem pelayanan tersebut akan lebih memudahkan mayarakat juga mencegah praktik korupsi.

“Saat ini sedang digaungkan pembayaran non-tunai, yang ada kaitannya dengan dua hal. Pertama, untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang sebelumnya manual, dan yang kedua bertujuan mencegah korupsi dan meningkatkan transparansi,” ujar Kombes Indarto (3/11/2018).

Indarto juga menambahkan dengan cashless ini akan membuat semua transaksi berjalan dan terlaksana dengan baik, sehingga tidak akan ada lagi transaksi anonim.

Head of Government Relations and Policy Go-Pay Brigitta Ratih Aryanti juga turut menyampaikan, bahwa Go-Pay yang hadir dengan misi utama dalam mempermudahkan akses pelayanan keuangan keluarga Indonesia bisa menjadi instrumen non-tunai terpercaya dan aman untuk masyarakat Bekasi, terutama dalam pelayanan publik dan pembayaran elektronik.

Kolaborasi tersebut juga dikatakan merupakan dukungan terhadap program pemerintah yaitu GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai).

Faktanya program ini sudah berjalan dengan baik di Gresik, Jawa Timur sejak 17 Oktober lalu. Diharapkan kedepannya pelayanan publik seperti pembayaran non-tunai ini bisa lebih dipercaya dan digunakan dengan baik, bahkan menjangkau kota – kota lainnya.

Disebutkan juga bagi warga Bekasi yang ingin melakukan pembayaran menggunakan Go-Pay, dari tanggal 2 November – 31 Desember 2018 akan mendapat cashback hingga 20% ke saldo Go-Pay pengguna.

Beri Komentar