10 Startup dan Aplikasi Digital Berbasis Pertanian yang Menjanjikan

0
100
startup bidang pertanian

Sejak 2017 perkembangan startup berbasis bidang pertanian mulai berkembang dan sangat menjanjikan, serta berpeluang tinggi di pasar investasi. Karena termasuk baru di dunia bisnis, terkadang banyak perusahaan yang memanfaatkan media digital dan online marketing untuk strategi pemasarannya.

Mengingat Indonesia merupakan negara agraris, sehingga banyak perusahaan startup memulai idenya untuk mengembangkan peluang bisnis di bidang pertanian. Beberapa perusahaan startup dan aplikasi untuk perkembangan bisnis pertanian, diantaranya:

  1. TaniHub

Merupakan startup e-commerce bidang pertanian yang memungkinkan petani untuk mengatasi permasalahan produksi dan distribusi produk pertanian dan peternakan. Melalui platform ini petani dapat berhubungan langsung dengan konsumen dan pasar untuk mendapat harga lebih layak dengan kuantitas berkelanjutan.

  1. Limakilo

Merupakan startup agro bisnis bawang merah yang sangat memudahkan tata niaga dan jual beli antara petani dan juga masyarakat. Terutama karena bawang merah merupakan salah satu produk pertanian yang berpeluang tinggi dipasaran, dan kini pemasarannya telah menjangkau hingga 5 kota besar di Jawa.

  1. Crowde

Merupakan platform yang menyajikan konsep penghimpunan dana dari masyarakat sebagai investasi untuk modal kerja di bidang pertanian. Platform ini tidak hanya memberi peluang untuk para petani, juga dengan fitur crowd-lending memungkinkan investor dan petani sama – sama memperoleh keuntungan. Bahkan diklaim keuntungan yang didapat bisa mencapai 30%. Metodenya, masyarakat memberikan dana pada produk yang ingin ditanam, kemudian setelah petani akan segera menanamnya.

  1. Sayurbox

Merupakan platform e-commerce yang memungkinkan konsumen untuk langsung memesan produksi sayur dan buah segar dari produsen terpercaya, walau masih mencakup pengiriman area DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

  1. SiKumis

Merupakan startup platform populer yang menjual perlengkapan dan alat – alat bercocok tanam. Selain itu, platform ini juga menyediakan produk – produk pertanian, pupuk, dan juga bibit tanaman. Startup ini sudah semakin berkembang dan populer sebagai penyedia produk pertanian.

  1. iGrow

Merupakan startup yang memberi peluang bagi masyarakat untuk berinvestasi di bidang pertanian. Platform ini sangat bisa diandalkan terutama dengan mengedepankan hubungan terpercaya antara petani, investor, pemilik lahan, dan pembudidaya. Hanya butuh 3 konsep yaitu modal, pemasaran, dan keunggulan budidaya untuk mendapat produk yang memuaskan.

  1. Ci-Agriculture

Merupakan startup yang membantu para petani dengan memberi panduan dalam menanam produk pertanian yang baik, dimulai dari penanaman benih, pemberian pupuk, pemberian obat tanaman, dll. Platform ini akan menghubungkan para petani, distributor, pasar, serta pelanggan dengan sistem terpercaya.

  1. e-Tanee

Merupakan startup yang memungkinkan petani dan peternak dalam menjual produknya dengan harga yang pas dan layak langsung kepada konsumen.

  1. PanelID

Startup ini sangat mengutamakan kebutuhan para petani, terutama dalam membantu penjualan hasil panen langsung kepada konsumen dengan harga yang memuaskan dan menguntungkan semua pihak.

  1. Eragano

Merupakan startup yang mendukung bidang pertanian dan juga industri. Petani tidak hanya dapat langsung menjual produknya kepada konsumen, juga bisa langsung didistribusikan ke restoran atau hotel ternama.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, bukan tidak mungkin munculnya startup bisnis yang menguntungkan di bidang lainya.

Beri Komentar