Kecerdasan Buatan Bisa Tentukan Jenis Kanker Paru-Paru

0
97
kecerdasan buatan

Teknologi kecerdasan buatan kini sangat dimanfaatkan dari berbagai sektor pekerjaan, terutama sektor kesehatan. Adanya teknologi ini dapat menganalisis gambar tumor paru-paru pasien, menentukan jenis kanker, dan bahkan mengidentifikasi gen yang berubah yang mendorong pertumbuhan abnormal sel.

Dilansir dari teknologi.id pada studi yang dilakukan oleh para peneliti di NYU School of Medicine, menemukan bahwa jenis kecerdasan buatan (AI), dapat membedakan dengan akurasi 97% antara adenokarsinoma dan karsinoma sel skuamosa, jenis kanker paru-paru.

AI juga dapat menentukan versi abnormal dari 6 gen terkait kanker paru, dengan akurasi berkisar 73-86% tergantung pada gen. Selain itu juga dapat mengubah bentuk sel dan interaksi dengan sekitarnya, memberikan petunjuk visual untuk analisis otomatis.

Para peneliti juga menjelaskan, bahwa menentukan gen mana yang berubah di setiap tumor menjadi vital dengan meningkatnya penggunaan terapi bertarget yang hanya bekerja melawan sel kanker dengan mutasi tertentu.

Seperti halnya pernyataan oleh penulis studi Aristotelis Tsirigos, Ph.D., profesor di Departemen Patologi di NYU Cancer Centre mengatakan “Studi kami membuktikan AI dapat secara instan menentukan jenis kanker dan profil mutasi agar pasien mendapat terapi lebih cepat.” Jadi, jika semakin cepat dapat mengindetifikasi kanker, otomatis kemungkinan sembuh juga akan semakin besar.

Kedepannya program AI ini pun juga akan terus dilatih dan dikembangkan kemampuannya dengan data hingga dapat menentukan akurasi lebih dari 90%. Di titik ini mereka akan mulai mencari persetujuan pemerintah untuk menggunakan teknologi ini secara klinis. Dipastikan akan sangat membantu dalam dunia kesehatan di masa mendatang.

Beri Komentar