Telkom Indigo

Pada hari Rabu (29/08) silam, Indigo Creative Nation, inkubator/akselerator startup milik PT. Telkom Indonesia, telah menyelenggarakan Indigo Day yang ke-3 dan mengukuhkan 9 startup baru yang resmi bergabung dengan program inkubasi startup Indigo batch I tahun 2018 disaksikan langsung oleh David Bangun selaku Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom Group.

Adapun 9 startup baru yang resmi bergabung ini merupakan startup yang berada pada tahap mulai dari Customer Validation (Problem/Solution Fit) dengan challenge agar berhasil mengidentifikasi problem yang dihadapi customer dan mengidentifikasi solusi yang dibutuhkannya, hingga Product Validation (Product/Market Fit) yang   akan memvalidasi kecocokan produk/layanan terhadap pasar sehingga disukai oleh penggunanya.

Telkom Indigo
Rangkaian Acara Indigo Day (1)

Peran Indigo dalam proses inkubasi itu sendiri adalah bagaimana memandu 9 startup di tahap Customer Validation dan Product Validation dari berbagai bidang industri ini melalui proses pemberian funding, membukakan akses market, dan mentoring berkala secara intensif dalam rentang periode waktu tertentu.

9 startup yang baru bergabung di Program Indigo Batch 1-2018 ini terdiri dari berbagai industri diantaranya; FinTech, HealthTech, HRTech, IoT (Internet of Things), Games, Cyber Security sebagai berikut:

  1. Cyber Army
  2. RUN IProbe
  3. Segain
  4. Mountable.id
  5. Sadora
  6. Cazh
  7. Edudok
  8. DNS Bersih
  9. Panenmart

David Bangun mengatakan pada sesi opening speech, “Yang kita lakukan di Indigo itu, bagaimana bisa menginkubasi, me-nurture idea, men-scout talent, untuk nantinya menjadi manusia-manusia yang menghasilkan sesuatu yang benar-benar istimewa.

Pada acara yang berlangsung di Telkom Landmark Tower tersebut, Indigo Creative Nation mengangkat tema besar “Kolaborasi dalam Bidang Inovasi Teknologi”. Melalui event ini Telkom berharap bisa mendorong sinergi antara startup binaan mereka dengan anak perusahaan Telkom Group, dengan menjalin kolaborasi mutualisme yang saling menguntungkan, bersama para startup binaan mereka.

Indigo Day
Rangkaian Acara Indigo Day (2)

Kolaborasi dalam bidang inovasi teknologi ini memang potensial mengakselerasi bisnis seperti yang disebutkan Ongki Kurniawan (Executive Director Grab Indonesia) dalam sesi diskusi panel dengan Albert Lucius (Co-Founder & CEO Kudo) apalagi setelah Grab mengakuisisi Kudo pada tahun 2017.

Ekosistem dunia startup itu sangat luas, dan kolaborasi bisa membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat, oleh karena itu kolaborasi ekosistem itu sangat penting apabila sebuah perusahaan ingin terus berevolusi dan survive,” tutur Ongki Kurniawan, yang juga mantan Managing Director di Line Indonesia itu.

Kolaborasi dalam bidang inovasi teknologi ini juga ditegaskan oleh Ery Punta Hendraswara (Managing Director Indigo Creative Nation) dalam pembukaan sesi kedua sebagai faktor yang bisa memberikan nilai tambah,  “Indigo ini ingin membuka kolaborasi dan mempercepat perkembangan dunia digital nasional. Kombinasi antara startup dengan perusahaan-perusahaan besar dapat memberikan nilai lebih ke dalam industri.

Ajang Indigo Day ke-3 kali ini juga menghadirkan lebih dari dua puluh startup binaan Telkom yang ditampilkan di area eksibisi maupun sesi pitching, baik dari program eksternal (Indigo) maupun program internal Telkom (Amoeba), seperti Qualitiva, Goto Sehat, Wakuliner, Peto, Tripal, Kofera, Amtiss, Sonar, Qontak, Nodeflux, Prime System, Bahaso, Qiscus, Nodeflux, Jasa Connect, Authentic Guards, Paket ID, dan Sonic Boom.

Para startup pun mempunyai kesempatan untuk bertemu dengan para pengunjung yang hadir dan diharapkan bisa menjalin sinergi positif dengan mereka. Para pengunjung tersebut tidak hanya berasal dari kalangan petinggi Telkom Group dan venture capital yang diundang, namun juga dari beberapa mitra Indigo, seperti akademisi, media, pemerintah.

Beri Komentar