sistem keamanan

Salah satu perusahaan teknologi terbesar dunia, yaitu Apple dirumorkan sedang mengembangkan sebuah produk iPhone yang dilengkapi dengan sistem keamaan TouchID pada layar ponsel. Berdasarkan Patentlyapple.com yang dikutip dari teknologi.id, Apple telah menemukan sebuah paten baru terkait metode penginderaan biometrik pada smartphone. Paten tersebut menawarkan solusi baru yakni penggunaan kamera di balik layar ponsel.

Cara kerja sistem keamanan tersebut adalah saat sidik jari pengguna menyentuh layar akan dianalisis oleh kamera dan akan ditentukan apakah pemilik sidik jari tersebut dapat membuka kunci ponsel. Kunci dari metode baru ini terletak pada bagaimana pengguna menempatkan sidik jarinya di permukaan layar.

Kamera-kamera di baliknya akan menganalisis sidik jari pengguna dari berbagai sudut dan kemudian membentuk sebuah gambar tiga dimensi. Apple menyatakan, kalau teknologi ini akan mampu bekerja dengan cepat dan memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi sebelumnya.

Lantas apa yang dilakukan oleh perusahaan smartphone lainnya? Para perusahaan produsen smartphone selain iPhone juga sedang berlomba-lomba mengembangkan teknologi dengan metode identifikasi biometrik untuk meningkatkan keamanan pada perangkatnya. Salah satunya adalah Vivo yang memiliki sensor sidik jadi di balik layar ponsel yang dapat bekerja walaupun jari pengguna basah atau berminyak.

Kemudian Samsung juga tidak mau kalah soal pengembangan sistem keamanan metode biometrik, di mana dikabarkan tengah menyelipkan alat pemindai sidik jari di balik layar ponsel pada perangkat Galaxy S10 yang diprediksi akan rilis di awal tahun 2019 mendatang.

Beri Komentar