jd finance

Kabar mengejutkan dari perusahaan Gojek nih, di mana katanya CNN Indonesia Gojek bakal membeli saham JD Finance. JD Finance sendiri adalah afiliasi perusahaan keuangan JD di Indonesia. Traksaksi juga dikatakan akan bisa mengarah pada akuisisi Gojek atas operasional JD Finance di Indonesia

Sebelumnya, Gojek sudah bekerja sama dengan  layanan e-commerce JD.ID. Perusahaan induk JD di China juga berpartisipasi pada pendanaan Gojek senilai US$1,5 miliar atau setara dengan kira-kira Rp2,1 triliun. Selain perusahaan JD, beberapa perusahaan raksasa yang terlibat dalam pendanaan untuk Gojek, yaitu Astra, Google, Tencent, dan Meituan. Suntikan dana tersebut digunakan oleh Gojek untuk melakukan ekspansi bisnisnya ke beberapa negara tetangga di Asia Tenggara.

Seperti yang telah diketahui, saalah satu sasaran ekspansinya adalah di Vietnam. Pada awal bulan ini, Gojek telah resmi mengaspal di jalanan Vietnam dengan nama Go-Viet. CEO Gojek, Nadiem Makarim juga pernah mengatakan hendak mengembangkan Gojek tidak sekedar sebagai layanan transportasi saja, tetapi menyediakan layanan lintas sektor berbasis antaran seperti Gofood dan Gosend, hingga sistem pembayaran Gopay.

Selain itu, perusahaan JD memang tengah sedang gencar memperluas bisnisnya ke Indonesia. Pada awal Agustus lalu, JD telah resmi membuka sebuah gerai fisiknya di Jakarta bernama JD.ID-X. JD.ID-X ini merupakan toko perusahaan JD yang pertama kali dibuka diluar negara asalnya, yaitu China.

Beri Komentar