layanan iklan

Kabar baru datang dari platform media sosial terebesar di dunia, yakni Facebook yang telah mulai menerapkan transparansi untuk iklan dan Page. Mulai sekarang kamu yang ingin memasang iklan akan diwajibkan memberikan informasi lebih rinci terkait promosi yang ingin diberikan kepada publik.

Hal ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan menyeleksi beberapa penyalahgunaan iklan untuk memperngaruhi masyarakat agar Facebook menjadi platform iklan sekaligus jejaring sosial yang nyaman bagi semua penggunanya.

Kini kamu juga bisa melihat iklan yang sedang berjalan di Facebook, Instagram, Messenger, dan mitra lainnya, tanpa menjadi target pasar sebuah iklan tersebut. Kamu juga diberikan wewenang untuk melaporkan jika terlihat sebuah iklan yang bersifat provokatif ataupun menyinggung unsur SARA, hingga menabar teror.

Uji coba layanan iklan Facebook dalam Pemilu di Brazil

layanan iklan
Agar tidak disalahgunakan | Sumber gambar: kompas

Ini salah satu cara yang dilakukan oleh pihak Facebook untuk menekan berbagai kasus kejahatan yang sering terjadi di media sosial. Kamu bisa melihat secara rinci sebuah iklan pada Facebook dengan cara langsung mengunjungi Page dan memilih kategori “Info dan Iklan”.

Baru deh setelah itu, kamu akan melihat tampilan visual dan teks iklan dari Page tersebut. Jika ada yang mencurigakan, kamu bisa mengklik “Laporkan iklan”. Kedua, kamu juga bisa mengetahui informasi lebih dalam soal Page, meski kamu bukan termasuk dalam kategori target pasar pengiklan Page tersebut.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat melihat kapan sebuah Page itu dibuat dan apa saja perubahan-perubahan yang terjadi pada Page itu. Saat ini, Facebook juga meluncurkan fitur pelabelan dan pengarsipan untuk iklan politik di Brazil. Pasalnya, pada Oktober mendatang, akan diadakan pemilu di sana.

Menarik juga ya, kini semua pengiklan politik Brazil harus mendaftarkan diri ke Facebook sebelum menjalankan iklan kampanye mereka. Ini akan mempermudah masyarakat Brazil untuk melihat berbagai bentuk iklan-iklan politik dengan label khusus dan semua tersimpan dalam arsip khusus.

Kalau di Indonesia kapan? Dikabarkan di Indonesia akan mulai diterapkan saat Pemilu Presiden 2019 mendatang. Semoga dengan adanya sistem ini akan mempermudah mengetahui kampanye kotor yang nanti dilakukan untuk memenangkan Pemilu Presiden mendatang.

Beri Komentar