jaringan 5g

Perkembangan teknologi baik dari ponsel pintar, PC, hingga barang elektronik lainnya semakin hari semakin cangging saja. Bukan cuma itu, jaringan nirkabel pun kini terus dikembangkan agar mampu mentransfer data lebih cepat lagi. Bukti dari perkembangan itu adalah sebuah jaringan 5G yang akan segera ada dan mulai diperkenalkan di dunia.

Awalnya generasi pertama yaitu 1G, hanya bisa mentransmisi suara, kemudian dikembangkan menjadi 2G yang telah mampu mentransmisikan suara dan data secara digital. Di generasi-generasi berikutnya, 3G pada tahun 2000 dan 4G pada tahun 2010, terjadi perbaikan teknis yang meningkatkan kecepatan data dari 200 kilobit per detik menjadi ratusan megabit per detik.

Berdasarkan The Conversation, dikabarkan kalau teknologi 5G ini akan diperkenalkan mulai tahun 2020. Teknologi jaringan ini akan mampu mentransmisi 1 gigabit data per detik, atau bahkan 10 gigabit. Ini akan membuat kamu semakin mudah dan cepat tentunya dalam mengirim data.

Jaringan 5G Akan Jauh Lebih Efisien

jaringan 5g
Sudah pasti akan semakin cepat aja nih | Sumber gambar: republika

Jika teknologi ini sudah diterapkan, maka kamu akan dipermudah dalam urusan komunikasi. Selain itu, sistem 5G juga kemungkinan menyediakan koneksi yang terpercaya ke sejumlah besar perangkat nirkabel secara bersamaan. Ini juga akan berdampak pada ekspansi besar di sejumlah perangkat sehari-hari yang terkoneksi dengan internet seperti pengawasan nutrisi dalam tanah bagi petani, hingga lokasi barang kiriman bagi perusahaan penyedia jasa pengiriman barang.

Jaringan ini akan diluncurkan pertama kali di Amerika dan Olimpiade Tokyo pada tahun 2020.

Pihak perusahaan yang menciptakan jaringan ini, yaitu Berkeley Wireless Research Center juga akan menerima beberapa dana dari pemerintahan dan perusahaan gadget terkenal, seperti Ericsson, Nokia, Qualcomm, Alcatel/Lucent, Huawei, Apple dan lainnya.

Beri Komentar