BusinessCollective

Merintis sebuah bisnis sejak awal menjadi sebuah tantangan bagi para founder. Meski banyak yang berjuang dengan metode bootstrapping atau mengambil dana pribadi, namun tidak sedikit juga yang memilih untuk bekerja sama dengan orang lain. Baik dari segi pakar teknologi, developer, hingga para investor.

Menggandeng mitra dalam bisnis tentu tak semudah membalik telapak tangan. Cobalah 4 cara persuasif berikut untuk meraih kepercayaan mitra bisnis dalam membangun startup:

Menjadi seorang pelopor

Manusia pada dasarnya memiliki sifat untuk menjadi seorang pelopor dan penemu. Dengan menjadi mitra bisnis usaha rintisan, peluang untuk menjadi seorang perintis akan terbuka lebar. Namanya sebagai partner bisnis akan diukir dalam sejarah pendirian startup.

Keuntungan yang lebih besar

Yang paling menggiurkan tentu dari segi profit atau keuntungan. Sebagai mitra bisnis, hubungan yang saling menguntungkan adalah sebuah keharusan. Selain saling mendukung dan bekerja sama, mitra bisnis tentu juga bakal menambah pundi – pundi uang yang lebih banyak dari sebelumnya

Peluang sebagai pemimpin

Dari kebanyakan mitra bisnis, tentu akan sangat senang mendapat posisi atau jabatan yang prestigious dalam sebuah startup. Tak jarang, selebriti atau artis turut berkecimpung dalam bisnis rintisan karena iming – iming menjadi seorang pemimpin. Entah itu kepala marketing, co-founder, atau CEO. Yang pasti tahta atau kedudukan bisa menjadi cara yang efektif meraih kepercayaan partner bisnis.

Berikan sample atau sosok inspiratif

Kisah orang yang sukses bisa menjadi sosok inspiratif untuk dijadikan teladan. Jika calon mitra bisnis belum terlalu yakin, ceritakan tentang para founder yang berhasil mencapai tujuan dengan cara merintis sejak dari nol dan menjalin kerja sama bisnis dengan berbagai risiko. Jelaskan juga bahwa di dalam bisnis pasti ada risiko.  Tetapi, hanya seorang yang profesional mampu meminimalisir risiko dengan berbagai strategi.

Bila telah berhasil meraih kepercayaan mitra bisnis, jangan sampai menyalahgunakan kepercayaan itu dan manfaatkan sebaik mungkin fasilitas atau kerja sama yang sudah diberikan untuk mencapai tujuan startup. Good luck for everyone!

Beri Komentar