Berkaca Kasus Paul Logan, YouTube Tak Mau Kecolongan Video “Berbahaya”

0
220
Famous ID

Beberapa waktu yang lalu, dunia maya sempat dihebohkan dengan kasus yang dialami seorang selebriti Youtube asal Amerika Serikat, Paul Logan.

Pria yang sudah memiliki jutaan followers itu memiliki akun channel Youtube yang bertengger di urutan teratas dan menjadi langganan perusahaan yang ingin menyewa influencer.

Tak pelak, karena akun channel yang populer di Youtube ini, Paul Logan dapat meraup keuntungan jutaan dollar untuk setiap video yang berhasil ia unggah.

Entah mimpi apa sebelumnya, kehidupan Paul Logan yang tadinya bergelimang kekayaan dari akun channel Youtube seketika berubah seratus delapan puluh derajat secara drastis menjadi influencer yang “diusir” tak hormat dari platform Youtube.

Kisah ini berawal dari vlog yang menceritakan perjalan Paul Logan ke Jepang. Sebagai seorang pemuda yang gemar bertualang, Paul Logan seperti umumnya travel blogger berusaha mengisahkan apa yang ia lihat, dengar dan rasakan di negeri Sakura yang indah itu.

Mungkin karena perbedaan bahasa, busana dan kebudayaan, Paul Logan dianggap tidak etis karena sudah melanggar tata norma masyarakat Jepang yang konservatif.

Bagaimana tidak? Paul Logan mengunggah sebuah rekaman video yang menayangkan mayat pria menggantung di sebuah pohon, di dalam hutan Akigahara. Yaitu sebuah hutan yang menjadi tempat favorit warga Jepang yang ingin mengakhiri hidupnya dengan cara menggantungkan diri.

Sontak video yang berdurasi sekitar 2 menitan itu langsung menuai aksi protes dan komentar nyinyir dari seluruh netizen sejagat maya.

Mereka sangat menyayangkan mengapa sebagai seorang turis, Paul Logan tidak dapat menjaga perilaku dan kesopanan. Mengingat setiap traveller itu adalah “perwakilan” atau duta dari negara masing – masing.

Video yang saat ini sudah dihapus oleh Youtube itu memancing kemarahan dan reaksi keras masyarakat net yang ingin Paul Logan dihukum berat untuk memberikan efek jera.

Pihak Youtube sendiri membutuhkan waktu untuk mengambil keputusan, hingga akhirnya mereka “mengusir” Paul Logan dari Youtube untuk selamanya.

Otomatis pundi – pundi uang Paul Logan dari Youtube juga turut menghilang.

Hingga sekarang, Youtube memberlakukan hukuman berat terhadap pengguna yang menyebarkan video berbahaya, membuat orang trauma, atau menyebarkan kebencian terhadap kelompok tertentu. Hukumannya berupa penghapusan akun channel Youtubers tersebut agar kasus serupa tak terjadi lagi.

Beri Komentar