kemahasiswaan.uai.ac.id

Membangun sebuah startup sejak dari awal hingga mampu bersaing di kancah persaingan bisnis adalah sebuah prestasi. Bagi seorang founder, keuletan dan pantang menyerah adalah sebuah kunci kesuksesan. Sisanya, berusaha dan berdoa.

Seperti 3 startup yang telah sukses mengibarkan bendera perusahaan di tengah ketatnya persaingan bisnis. Tak tanggung – tanggung, saat ini mereka berhasil mencapai nilai startup hingga lebih dari 1 miliar dolar atau sekitar Rp 13,5 triliun.

Daftar nama startup yang berhasil meraih gelar Unicorn ini terus silih berganti menyesuaikan dengan dinamika pertumbuhan startup dunia yang terus melesat.

Tepat di tahun 2017, ada 3 nama startup yang namanya berkibar di jagat bisnis rintisan. Perusahaan digital ini masing  – masing memiliki nominal hingga lebih dari trilyunan. Yang bikin bangga, salah satunya adalah perusahaan asal Indonesia.

Quora

Platform yang mengusung ide sederhana tapi efektif ini berhasil meraih predikat Unicorn pada 2017. Tepatnya, bila dijual maka founder perusahaan Quora bisa mengantongi sekitar 1,7 miliar dolar atau Rp 23 trilyun.

Startup digital ini merupakan platform yang mewadahi komunitas untuk tanya jawab sejenis dengan Yahoo! Answers. Namun, karena ide yang efektif mengobati rasa penasaran banyak orang tentang jawaban dari pertanyaan tertentu, membuat Quora layak meraih Unicorn.

Bukalapak

Menyusul sejumlah startup digital asal tanah air, seperti Go-Jek,Tokopedia, dan Traveloka, sekarang giliran Bukalapak yang didaulat mendapatkan prestasi “kuda terbang bertanduk” itu. Pada 2017, nilai Bukalapak belum diketahui pasti. Namun, investor Bukalapak sejauh ini sudah tak kurang dari 500 startup, EMTEK dan QueensBridge.

Reddit

Platform online berbasis komunitas untuk saling berdiskusi atau berbagi ini cukup digemari di seluruh dunia. Sejak dibangun pada 2005, Reddit telah mencapai nominal 1,8 miliar dolar atau sekitar Rp 24 triliun jika dirupiahkan.

Dikutip dari laman Bussiness Insider, raihan Reddit ini disokong oleh investor terkemuka asal negeri paman sam, Sequoia Capital dan Y Combinator.

Meski didapuk sebagai penyandang “kuda bertanduk”, sayangnya aplikasi Reddit dilarang di Indonesia karena mengandung sejumlah konten porno.

Menurut Anda, siapa lagi nama startup asal Indonesia yang akan meraih Unicorn?

Beri Komentar