4 Tips Agar Team Kerja Startup Tetap Solid dan Kompak

0
891
alphagamma.eu

Sebuah tim yang solid dan kompak adalah senjata pamungkas yang paling dibutuhkan oleh para founder startup. Tim yang kompak akan mendukung perkembangan startup yang masih merintis. Selain itu, kesamaan visi dan misi juga menunjang pencapaian rencana bisnis.

Tidak jarang, karena kurang kompak, sering terjadi kesalah pahaman yang menimbulkan perselisihan sehingga startup mangkrak di tengah jalan.

Untuk menciptakan atmosfer yang solid dan saling menjaga kekompakan, beberapa hal berikut patut dipertimbangkan:

1.Menciptakan kultur

Kekompakan tim bisa dipertahankan dengan adanya kultur atau budaya yang bagus di dalam perusahaan. Misalnya, turut melibatkan karyawan dalam bidang sosial untuk membantu pendidikan anak di yayasan sosial, atau menciptakan budaya kerja yang menyenangkan dan tidak terlalu kaku.

2.Makan siang bersama

Kebanyakan startup modern saat ini memilih untuk memesan paket katering agar bisa makan bersama – sama di meja makan untuk membentuk kebersamaan dan kekompakan. Bila tidak memungkinkan, masih bisa mengadakan acara makan siang bersama satu minggu atau satu bulan sekali demi menjalin ikatan yang lebih akrab dan kuat.

3.Melibatkan para pegawai

Keterlibatan karyawan menurut para pakar HRD juga mendorong loyalitas yang tinggi untuk menurunkan tingkat turn over atau keluar –masuk para pegawai. Umumnya, pegawai yang merasa dilibatkan akan lebih loyal karena memiliki keterikatan dan rasa memiliki perusahaan.

Sebagai contoh, saling berdiskusi atau meeting rutin untuk meminta masukan atau pendapat karyawan juga bisa menjadi penghubung komunikasi secara horisontal.

4.Acara pertemuan berkala

Ibarat pepatah, tak kenal maka tak sayang. Dengan cara ini sebuah tim dalam startup dapat saling mengenal karakter dan kepribadian masing – masing. Kekompakan tim tidak hanya terjalin karena ikatan kerja, tetapi bisa juga karena faktor kesamaan hobi, kesamaan pola pemikiran, minat dan sebagainya.

Membangun startup yang memiliki tim kerja kompak mungkin tidak mudah. Tetapi, dengan adanya sikap saling menghargai dan komunikasi yang baik, semua perbedaan akan terasa lebih indah.

Semoga tim kerja Anda selalu kompak dan solid.

Beri Komentar