Klik46, Bayar Pajak dan POS Dalam Satu Aplikasi Untuk Pelaku UMKM

Menurut Komite Ekonomi dan Industri Nasional yang berada langsung di bawah Presiden RI, UMKM atau usaha mikro kecil dan menengah merupakan tulang punggung perekonomian nasional.

Meski hanya berskala kecil dan menengah, namun UMKM memberikan sumbangsih yang cukup besar bagi Produk Domestik Bruto di tanah air hingga 60%.

Meski, memiliki andil yang cukup besar, sayangnya hal ini tidak diikuti dengan kesadaran untuk membayar pajak.

Hal ini tentu tak bisa dibiarkan. Leonard Tarigan dan Laurent Malau lewat aplikasi Klik46 berusaha untuk memberikan layanan kemudahan para pelaku UMKM untuk membayar kewajiban pajak.

Pada Juli 2017, platform Klik46 meluncur dengan dua keunggulan fitur. Yaitu aplikasi point of sale (POS) secara gratis dan fitur untuk membayar pajak dalam platform Android.

Layanan POS secara gratis

Berbeda dengan layanan point of sale yang sudah ada di tanah air seperti Pawoon, HelloBill, NadiPOS, Moka atau bahkan software – software point of sale lainnya, Klik46 tidak memungut biaya apapun untuk layanan POS alias gratis.

Bahkan, untuk memudahkan para pelaku UMKM, layanan POS masih ditambah dengan fitur spesial yaitu untuk membayar pajak. Fitur yang bermanfaat ini hanya dibanderol Rp 25 ribu tiap bulan.

Dikatakan lebih lanjut oleh para founder, layanan POS sengaja digratiskan karena ingin merangkul para pelaku UMKM dan meningkatkan kesadaran taat pajak.

Bagi para pengusaha, aplikasi POS sangat dibutuhkan untuk menggerakan operasional bisnis. Jika layanan POS gratis dan pengusaha bisa mudah membayar pajak, tidak ada lagi ganjalan yang menghambat laju bisnis.

Fitur layanan berbayar Klik46

Selain fitur pembayaran pajak yang berbayar Rp 25 ribu setiap bulan. Ada juga layanan sistem POS yang bisa dipesan khusus. Misalnya, untuk setiap jenis usaha pasti memiliki kebutuhan berbeda. Jadi, aplikasi POS membutuhkan sedikit modifikasi. Sebagai contoh, untuk usaha katering, bengkel, penjahit mungkin membutuhkan metode pencatatan yang berbeda, maka Klik46 sanggup untuk membuat fitur yang sudah dimodif.

Menindaklanjuti hal ini, Leonard Tarigan dan Laurent Malau juga berencana untuk menggandeng partner dari para pelaku UMKM di situs – situs marketplace untuk bergabung.

Dapatkan berita startup dan gadget terbaru ke inbox kamu!

Baca Juga

Oppo Find X2 Lite Belum Rilis, Ini Bocoran Desain dan Spesifikasinya

Setelah merilis ponsel super pada Maret lalu bertajuk Oppo Find X2 dan Find X2 Pro, Oppo kembali berinovasi dengan akan meluncurkan versi...

Galaxy Buds Plus, Earphone TWS Samsung Terbaru

Februari lalu Samsung telah merilis lini ponsel flagship terbarunya seperti Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip. Namun, tak berhenti sampai di sana,...

Bingung Pesan Makanan di mana? Cek Google Maps Aja!

Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan mengurangi aktivitas yang melibatkan banyak orang. Kebijakan ini tentu...

Y50, Vivo Luncurkan Ponsel Layar Punch Hole

Vivo sebagai salah satu raksasa smartphone dari China kembali meluncurkan ponsel berkelas beratjuk Vivo Y50. Ini adalah ponsel kelas menengah yang dipasarkan...

Tak Cukup PS5, Kini Sony Siapkan Controller DualSense

Sony baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menawarkan wujud baru Controller Playstation 5 bernama DualSense. DualSense memiliki desain baru dan lebih megah...